Tautan-tautan Akses

Iran akan Luncurkan Beberapa Satelit Baru Buatan Sendiri


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saat meninjau wahana peluncur satelit buatan Iran di lokasi yang dirahasiakan (foto dokumentasi).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saat meninjau wahana peluncur satelit buatan Iran di lokasi yang dirahasiakan (foto dokumentasi).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan rencana ini pada upacara peresmian empat satelit baru di Teheran.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah mengumumkan, pemerintahannya merencanakan untuk meluncurkan ke orbit beberapa satelit buatan dalam negeri dalam jangka waktu satu tahun mendatang.

Komentar Ahmadinejad datang Senin pada upacara peresmian empat satelit baru di Teheran. Masing-masing diberi nama Fajr, Rasad, Zagar dan Amir Kabir-1.

Upacara ini jatuh bersamaan dengan peringatan ke 32 Revolusi Islam Iran. Pemerintah Iran biasanya memanfaatkan peringatan seperti ini untuk mengumumkan kemajuan teknologinya.

Februari tahun lalu, Iran juga mengumumkan tiga satelit buatan dalam negeri. Setahun sebelumnya, Iran meluncurkan apa yang disebutnya satelit penelitian pertama ke orbit.

Negara-negara barat telah mengungkapkan keprihatinan bahwa Iran bisa mempergunakan teknologi peluncuran satelit untuk misil jarak jauh yang dimuati hulu ledak nuklir.

Iran membantah punya sasaran militer untuk program antariksa atau nuklirnya. Teheran bersikukuh bahwa program nuklirnya semata-mata ditujukan untuk pembangkitan tenaga listrik.

XS
SM
MD
LG