Tautan-tautan Akses

Iran Berunding mengenai Program Nuklirnya dengan Uni Eropa


Kepala Urusan Luar Negeri Catherine Ashton (foto: dok) mewakili Uni Eropa dalam perundingan dengan Iran.

Kepala Urusan Luar Negeri Catherine Ashton (foto: dok) mewakili Uni Eropa dalam perundingan dengan Iran.

Pembicaraan selama dua hari di Jenewa ini menjadi pertemuan yang pertama bagi kedua pihak dalam lebih dari setahun.

Ketua tim negosiasi nuklir Iran Saeed Jalili pada hari Senin bertemu dengan Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton di Jenewa untuk merundingkan program nuklir Teheran yang kontroversial.

Turut bergabung dalam perundingan antara Ashton dan Jalili adalah sejumlah diplomat senior dari Amerika, Rusia, Tiongkok, Inggris, Perancis dan Jerman.

Pembicaraan selama dua hari di Jenewa ini menjadi pertemuan yang pertama bagi kedua pihak dalam lebih dari setahun. Tidak banyak yang berharap dari pertemuan kali ini. Para pakar mengatakan harapan terbesarnya adalah perundingan ini akan berujung pada lebih banyak perundingan lain.

Pertemuan ini menyusul sehari setelah Kepala Badan Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi mengatakan negaranya kini dapat berswasembada memproduksi bahan bakar nuklir, setelah berhasil menghasilkan sejumlah bubuk konsentrat uranium, yang dikenal dengan sebutan yellowcake.

Salehi menyampaikan demikian pada televisi milik pemerintah di hari Minggu, tetapi tidak merinci berapa banyak yellowcake yang sudah dihasilkan Iran.

XS
SM
MD
LG