Tautan-tautan Akses

Iran akan Akhiri Blokade BBM atas Afghanistan


Truk-truk kosong warga Afghanistan masih menunggu pasokan BBM dari Iran di provinsi Herat, Afghanistan.

Truk-truk kosong warga Afghanistan masih menunggu pasokan BBM dari Iran di provinsi Herat, Afghanistan.

Dubes Iran memberi tahu Presiden Karzai bahwa ribuan tanker BBM di perbatasan akan segera diijinkan masuk ke Afghanistan.

Iran telah memberitahu Afghanistan akan mencabut blokade bahan bakarnya terhadap negara itu. Pernyataan itu dikeluarkan oleh pemerintah Afghanistan hari Selasa.

Duta besar Iran untuk Afghanistan dilaporkan telah memberi tahu Presiden Hamid Karzai bahwa ribuan tanker bahan bakar yang terdampar di perbatasan Iran akan diijinkan masuk ke Afghanistan untuk mengirim pasokan BBM dalam empat hari mendatang.

Tanker-tanker itu telah diparkir di perbatasan sejak akhir Desember ketika Iran menyampaikan keprihatinan bahwa bahan bakar itu akan digunakan pasukan NATO.

Iran juga mengatakan keputusan baru-baru ini untuk memangkas subsidi bahan bakar merupakan faktor yang mempengaruhi dilarangnya tanker-tanker Iran itu menyeberang ke Afghanistan.

Pejabat Afghanistan mengatakan bahan bakar itu adalah untuk digunakan oleh warga Afghanistan dan akibat blokade Iran itu, harga bahan bakar naik sampai 70 persen. Demonstrasi-demonstrasi harian terjadi di kota-kota Afghanistan untuk menentang blokade itu.

XS
SM
MD
LG