Tautan-tautan Akses

Iran akan Adili 3 Pejalan Kaki Warga AS


Iran bersikeras ketiga pejalan kaki masuk ke wilayah Iran secara ilegal, tapi belum mengajukan dakwaan.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan ketiga pejalan kaki asal Amerika yang ditahan di Iran selama satu tahun belakangan harus dibawa ke pengadilan.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast, mengatakan jelas bahwa Shane Bauer, Sarah Shourd dan Josh Fattal masuk ke wilayah Iran secara ilegal.

Para pejabat Iran mengatakan tiga pejalan kaki itu bertujuan melakukan tindakan mata-mata terhadap Iran. Tapi, belum ada dakwaan yang diajukan terhadap mereka, meskipun sudah dilakukan interogasi penuh. Namun, baik para pejabat Amerika dan anggota keluarga para pejalan kaki itu mengatakan mereka tidak bersalah.

Presiden Amerika Barack Obama baru-baru ini menyerukan Iran untuk "segera membebaskan" para pejalan kaki itu. Obama mengatakan penahanan mereka yang tidak adil itu tidak ada hubungannya dengan masalah yang terus memecah belah masyarakat internasional dengan pemerintah Iran.

Jumat lalu menandai genap setahun setelah aparat keamanan Iran menangkap tiga pendaki muda Amerika itu di wilayah perbatasan dengan Irak.

XS
SM
MD
LG