Tautan-tautan Akses

Irak Umumkan Penahanan Lebih 90 Tersangka Anggota Al-Qaida


Para tersangka anggota Al-Qaida yang berhasil ditahan dalam serangkaian operasi di Irak.

Para tersangka anggota Al-Qaida yang berhasil ditahan dalam serangkaian operasi di Irak.

Penahanan tersebut adalah penggerebekan Selasa malam yang dibantu oleh polisi, militer dan pasukan kesukuan pro-pemerintah.

Kementerian pertahanan Irak mengatakan pasukan keamanan telah menahan 93 tersangka dalam penindakan terhadap Al-Qaida di provinsi Anbar, Irak barat.

Juru bicara kementerian pertahanan, Mayor Jenderal Mohammed al-Askari, mengatakan hari Kamis di antara orang-orang yang ditahan termasuk 60 orang yang dicari.

Dia mengatakan penahanan tersebut adalah hasil serangkaian penggerebekan Selasa malam yang dibantu oleh polisi, angkatan bersenjata, pasukan kesukuan pro pemerintah dan anggota milisi anti-Al-Qaida (Sahwa).

Sebelum itu pekan ini, Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki menyebut keamanan sebagai salah satu prioritas utamanya setelah parlemen menyetujui menteri-menteri kabinet untuk pemerintahan barunya.

Dalam berita terkait, para politisi perempuan Irak berencana minta posisi lebih banyak dalam kabinet baru Perdana Menteri Nouri al-Maliki, yang hanya menyertakan seorang perempuan.

Kabinet Irak dianggap kurang memberikan alokasi cukup untuk para perempuan.

Kabinet Irak dianggap kurang memberikan alokasi cukup untuk para perempuan.

Para anggota parlemen yang perempuan mengatakan mereka akan mengajukan petisi kepada pemimpin tertinggi Irak dan organisasi-organisasi internasional untuk memperoleh lebih banyak posisi dalam Kabinet.

Kabinet yang diumumkan oleh Maliki pada hari Selasa mengalokasikan dua posisi untuk perempuan. Seorang perempuan memimpin sebuah kementerian tanpa deskripsi tugas, tanpa kantor dan tanpa anggaran. Yang lain, seorang anggota parlemen Kurdi, ditawari posisi urusan perempuan tetapi menolaknya.

Dalam menyetujui pemerintah baru, Selasa, parlemen Irak telah mengisi 29 dari 42 posisi Kabinet. Para menteri sementara menduduki 13 posisi selebihnya sampai para penggantinya disetujui oleh parlemen.

XS
SM
MD
LG