Tautan-tautan Akses

Irak Merasa Perlu Lanjutkan Pelatihan Militer Amerika


Menteri Luar Negeri Irak, Hoshyar Zebari (foto:dok).

Menteri Luar Negeri Irak, Hoshyar Zebari (foto:dok).

Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari mengatakan bahwa Iran masih memerlukan pelatihan militer dari Amerika untuk melawan konflik sektarian.

Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari mengatakan Irak berada di "jalur yang benar" menuju demokrasi yang stabil, dan ia percaya perlunya melanjutkan pelatihan militer Amerika bagi pasukan Irak.

Dalam sambutan hari Selasa di depan Dewan Hubungan Luar Negeri, Zebari mengatakan korupsi dan salah kelola masih terjadi di Irak, tapi negara ini mampu menyelesaikan masalah internalnya sendiri.

Menteri luar negeri itu tidak setuju dengan keprihatinan atas kemampuan Baghdad untuk menjaga keamanan setelah pasukan Amerika mundur dari Irak akhir tahun ini. Pejabat-pejabat Amerika dan pemimpin Irak lain menyampaikan kekhawatiran itu, tapi Zebari mengatakan rakyat Irak bertekad melawan konflik sektarian.

Ia juga yakin lebih banyak pelatih militer Amerika diperlukan, mengutip operasi baru-baru ini yang dilakukan negara tetangga Irak, Turki dan Iran, terhadap militan Kurdi di Irak utara.

XS
SM
MD
LG