Tautan-tautan Akses

iPod Merevolusi Cara Kita Dengarkan Musik


iPod Nano yang diperkenalkan saat peluncuran iPhone 5 di San Francisco, California (foto: dok).

iPod Nano yang diperkenalkan saat peluncuran iPhone 5 di San Francisco, California (foto: dok).

Lima belas tahun lalu, Apple meluncurkan pemutar musik portabel, iPod, yang telah merevolusi cara kita mendengarkan musik.

Efek iPod dalam mengubah cara kita mendengarkan musik luar biasa. Awalnya, Apple hanya bisa menjual satu juta unit iPod sampai Juni 2003. Tetapi angka itu melonjak menjadi 10 juta pada akhir tahun 2004.

iPod pertama, yang dirilis 23 Oktober 2001, memiliki kapasitas hard drive 5 GB dan tombol pemutar untuk mencari hingga 1.000 lagu yang bisa disediakan piranti, dan dijual seharga US$399 (sekitar Rp 5 juta).

Meskipun iPhone sudah diluncurkan, iPod masih tersedia dalam tiga versi: iPod Shuffle, iPod Nano dan iPod Touch. Tetapi kemudian iPod tidak lagi masuk dalam daftar navigasi utama situs web Apple.

Popularitas iPod juga membuat iTunes, piranti lunak musik dari Apple, sesuatu yang harus dimiliki. Beberapa tahun kemudian, iTunes berubah menjadi toko onldaringne untuk membeli musik atau layanan penyiaran berbayar.

Pencipta iPod, Tony Fadell, keluar dari Apple tahun 2010 dan mendirikan Labs Nest, pembuat termostat cerdas. Perusahaan itu dibeli Google tahun 2014. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG