Tautan-tautan Akses

iPad Tertinggal di Belakang Android di Tengah Perang Tablet


Pembeli iPad mini di sebuah toko di Shanghai, China. (Foto: Dok)

Pembeli iPad mini di sebuah toko di Shanghai, China. (Foto: Dok)

Pangsa pasar iPad untuk pertama kalinya tahun ini dikalahkan oleh tablet yang menggunakan Android produksi Google.

Untuk pertama kalinya, pengiriman tablet yang menggunakan perangkat Android dari Google Inc akan melebihi iPad tahun ini, menurut prediksi lembaga riset IDC pada Selasa (12/3), seiring turunnya pangsa pasar Apple di dunia.

Pertumbuhan beragam tablet Android yang lebih kecil dan lebih murah, dari Google sampai Amazon.com Inc akan meningkat tahun ini, seiring bertambahnya jumlah konsumen dan berkurangnya dominasi Apple sejak iPad pertama diluncurkan pada 2010, menurut International Data Corp.

Pengiriman iPad dan iPhone diperkirakan tetap tumbuh dengan tingkat yang baik, namun musuh bebuyutan Samsung Electronics dan pesaing lainnya telah melukai pangsa pasar Apple berkat strategi pemasaran yang handal, ragam produk yang besar dan pengadopsian teknologi yang pesat.

Pada Kamis, Samsung akan meluncurkan generasi keempat dari produk andalan Galaxy, telepon pintar yang membantu perusahaan Korea Selatan itu menundukkan iPhone dari posisi teratas tahun lalu.

Meningkatnya persepsi bahwa Apple, perusahaan yang turut didirikan oleh Steve Jobs, itu telah kehilangan keunggulannya telah membebani saham, yang kehilangan lebih dari sepertiga nilainya sejak memuncak pada September lalu.

Analis Wall Street Peter Misek dari perusahaan Jefferies membandingkan Apple dengan Blackberry, dengan mengatakan bahwa iPhone sekarang menghadapi tantangan berat dari Samsung.

Pengiriman iPad diperkirakan menguasai 46 persen pasar tablet pada 2013, turun dari 51 persen tahun lalu, menurut IDC. Sementara itu, perangkat yang menggunakan Android diperkirakan naik pangsa pasarnya, menjadi 49 persen tahun ini, dari 42 persen tahun lalu. (Reuters/Noel Randewich)
XS
SM
MD
LG