Tautan-tautan Akses

iPad Mini Lebih Mahal dari Tablet Pesaing


iPad Mini (kiri), dengan layar dua pertiga dan bobot setengah dari iPad generasi keempat. (AP/Marcio Jose Sanchez)
iPad Mini (kiri), dengan layar dua pertiga dan bobot setengah dari iPad generasi keempat. (AP/Marcio Jose Sanchez)

iPad Mini akan mulai dijual Jumat (26/10), dengah harga yang lebih tinggi dari tablet-tablet pesaingnya.

Apple Inc akan menjual versi iPad berukuran 8 inci mulai Jumat (26/10) untuk menyaingi Kindle keluaran Amazon.com dan tablet-tablet kecil lainnya, namun dengan harga yang lebih tinggi, yaitu US$329.

CEO Apple Tim Cook dan direktur marketing Phil Schiller menampakkan wujud iPad Mini itu pada Selasa, memperlihatkan tablet dengan fungsi dan fitur sama dengan pendahulunya, namun dengan ukuran layar dua pertiganya dan bobot setengahnya.
Apple juga memperbaiki iPad ukuran penuh hanya enam bulan setelah peluncuran model terakhir.

Harga iPad Mini lebih mahal dari yang diperkirakan, yang menurut para analis adalah usaha untuk mempertahankan level harga premium. Sebagian yang lain khawatir tablet mini ini akan mengalihkan para pembeli dari iPad 10 inci seharga $499, dan tidak akan efektif melawan ancaman Kindle Fire dari Amazon seharga $199 dan Nexus 7 milik Google dengan kisaran harga sama.

Pendiri Apple, almarhum Steve Jobs, pernah mengolok-olok tablet kecil yang menurutnya terlalu besar untuk berkompetisi dengan telepon pintar, namun terlalu kecil untuk bersaing dengan tablet.

Harga tablet Mini ini ada di antara iPod Touch ($299) dan iPad 2 ($399). Beberapa pengamat tadinya memperkirakan harga iPad Mini akan berkisar antara $250 dan $300.
"Apple memiliki kesempatan untuk merambah pasar Amazon dan Google, namun memutuskan untuk bergantung pada merek dan fokus pada marjin keuntungan,” ujar Bill Kreher, analis pada perusahaan pialang Edward Jones.

Apple telah menjual lebih dari 100 juta iPad sejak diluncurkan April 2010. Para analis memperkirakan Apple akan menjual lima juta sampai 10 juta iPad Mini sebelum tahun berakhir.

iPad Mini akan mulai dijual pada hari yang sama dengan peluncuran sistem operasi baru Microsoft, Windows 8. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG