Tautan-tautan Akses

iPad Paus Fransiskus Laku Dilelang $30.500


Paus Fransiskus pada peringatan 100 tahun pembantaian masal Armenia di Basilika Santo Petrus. Vatikan (12/4).

Sebuah iPad milik Paus Fransiskus terjual dalam sebuah lelang, Selasa (14/4) dengan hasil yang akan disumbangkan ke sebuah sekolah fakir miskin di Uruguay, dengan harga $30.500 (sekitar Rp 395 juta).

Rumah lelang Castells di Montevideo mengatakan tawaran yang memenangkan lelang datang melalui telepon, tapi menolak untuk mengungkap identitas maupun dari negara mana pembeli berasal.

Ini bukan pertama kalinya Paus Fransiskus menyumbangkan harta pribadinya. Tahun lalu, sebuah sepeda motor Harley-Davidson yang ia terima sebagai hadiah laku dilelang seharga yang bila dirupiahkan mencapai Rp 3,3 miliar.

"Semoga Anda melakukan sesuatu yang baik dengannya," ujar pendeta Uruguay Gonzalo Aemilius mengulangi ucapan Paus yang kelahiran Argentina itu, saat Paus menyerahkan iPad miliknya kepada pendeta Aemilius.

Aemilius kemudian menyumbangkan tablet tersebut kepada SMA Francisco de Paysandu, yang terletak 370 kilometer sebelah utara ibukota, Montevideo.

Staf sekolah mengatakan setelah gagal mencoba melelang iPad tersebut melalui rumah lelang terkemuka Christie's dan Sotheby's, mereka menawarkannya kepada rumah lelang lokal Castells.

Di iPad tersebut, terukir tulisan nama Sri Paus Fransiskus. Pembeli juga akan menerima sertifikat yang ditandatangani sekretaris pribadi Paus, Fabian Pedacchio Leaniz.

Paus Fransiskus pernah menyebut internet sebagai "hadiah dari Tuhan," tapi mengaku ia sendiri gagap teknologi.

XS
SM
MD
LG