Tautan-tautan Akses

iOS App Store Milik Apple Hadapi Serangan Besar Pertama


Logo Apple di tokonya di San Francisco, California (Foto: dok).

Logo Apple di tokonya di San Francisco, California (Foto: dok).

Beberapa perusahaan keamanan dunia maya melaporkan penemuan program berbahaya bernama XcodeGhost yang menempel di ratusan aplikasi Apple yang sah.

Apple Inc mengatakan hari Minggu (20/9) bahwa pihaknya sedang membersihkan iOS App Store untuk membuang program-program iPhone dan iPad berbahaya yang diidentifikasi dalam serangan skala besar pertama di toko aplikasi perangkat lunak tersebut.

Perusahaan itu mengungkapkan upayanya setelah beberapa perusahaan keamanan dunia maya melaporkan penemuan program berbahaya bernama XcodeGhost yang menempel di ratusan aplikasi sah.

Ini pertama kalinya kasus sejumlah besar program perangkat lunak berbahaya menembus proses evaluasi aplikasi Apple yang ketat. Sebelum serangan ini, hanya ada lima aplikasi berbahaya yang pernah ditemukan di App Store, menurut perusahaan keamanan dunia maya Palo Alto Networks Inc.

Para peretas menempelkan kode berbahaya dalam aplikasi-aplikasi ini dengan meyakinkan para pengembang perangkat lunak yang sah untuk menggunakan versi ternoda dan plasu dari perangkat lunak Apple untuk menciptakan aplikasi-aplikasi iOS dan Mac, dikenal sebagai Xcode, menurut Apple.

"Kami telah menghapus aplikasi-aplikasi dari App Store yang kita ketahui telah diciptakan dengan perangkat lunak palsu," ujar juru bicara Apple Christine Monaghan dalam email. "Kami sedang bekerja dengan para pengembang untuk memastikan mereka menggunakan versi Xcode yang benar untuk membuat aplikasi mereka."

Ia tidak mengatakan langkah-langkah apa yang harus diambil para pengguna iPhone dan iPad untuk memutuskan apakah alat-alat mereka terinfeksi. (hd/eis)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG