Tautan-tautan Akses

IOC Pertahankan Cabang Gulat di Olimpiade


IOC hari Minggu (8/9) mempertahankan cabang gulat dalam daftar cabang olahraga Olimpiade (foto: dok).

IOC hari Minggu (8/9) mempertahankan cabang gulat dalam daftar cabang olahraga Olimpiade (foto: dok).

Komite Olimpiade Internasional (IOC) hari Minggu (8/9) mencantumkan kembali gulat dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Dalam sidang di Buenos Aires, Argentina, IOC hari Minggu (8/9) mencantumkan kembali gulat dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade 2020 di Jepang. IOC berkesimpulan, putusan mengeluarkan gulat dari olimpiade adalah keliru. Gulat dengan mudah mengalahkan usaha hendak memasukkan baseball-softball dan squash.

Gulat di luar dugaan dikeluarkan dari cabang olahraga inti bulan Februari. Hari Minggu cabang olahraga ini mendapat dukungan 49 suara untuk dimasukkan kembali oleh IOC, sedang baseball-softball mendapat 24 suara dan squash 22 suara. Keputusan memasukkan kembali gulat merupakan kemenangan organisasi gulat internasional FILA mereformasi diri dan memperjuangkan status gulat dalam olimpiade.

Gulat sudah dipertandingkan sejak olimpiade kuno di Yunani dan tetap tercantum dalam tiap olimpiade moderen kecuali tahun 1900. Olahraga ini disingkirkan oleh Dewan Eksekutif IOC, keputusan yang bahkan mengejutkan sebagian besar anggota IOC.

Squash sudah ketiga kalinya mencoba ikut dipertandingkan dalam olimpiade. Sementara baseball putra dan softball putri bergabung dalam satu federasi untuk mencoba diikutkan lagi. Keduanya dikeluarkan dari olimpiade 2012 dan 2016.

Sementara itu, Perdana Menteri Italia, Enrico Letta berpendapat negaranya bisa melamar menjadi tuan-rumah olimpiade 2024. Ia mengucapkan hal ini sehari setelah IOC mempercayakan olimpiade 2020 kepada Tokio, membuat pejabat-pejabat Italia berpendapat tahun 2024 adalah waktu yang tepat untuk membawa olimpiade kembali ke Eropa.
XS
SM
MD
LG