Tautan-tautan Akses

Pejabat IOC Periksa Persiapan Olimpiade Musim Dingin 2014


Cincin olimpiade telah dipasang di kota Sochi, Rusia yang terletak di Laut Hitam (foto: dok).

Cincin olimpiade telah dipasang di kota Sochi, Rusia yang terletak di Laut Hitam (foto: dok).

Inspektur komite olimpiade internasional (IOC) melakukan kunjungan terbaru mereka ke kota Sochi, Rusia untuk memeriksa persiapan Olimpiade Musim Dingin 2014.

Olimpiade musim dingin kurang dari satu tahun lagi, inspektur IOC melakukan kunjungan terbaru mereka ke Sochi di Rusia untuk memeriksa persiapan Olimpiade Musim Dingin 2014.

Komisi koordinasi IOC yang dipimpin oleh Jean-Claude Killy, memulai pertemuan dua hari dan kunjungan ke lapangan hari Selasa di resor Laut Hitam.

Ini merupakan kunjungan kesembilan panel itu ke Sochi atau sebelum yang terakhir di mana Olimpiade akan dibuka tanggal 7 Februari 2014. Rusia mengeluarkan biaya $ 50 miliar lebih bagi pembangunan tempat dan proyek-proyek infrastruktur dalam persiapan Olimpade musim dingin pertama mereka.

Para permimpin ketujuh federasi olahraga musim dingin untuk Olimpiade juga turut dalam pertemuan minggu ini.

IOC mengatakan pembicaraan akan mencakup operasional Olimpiade, pembawaan obor, teknologi dan “pengalaman para klien,” yakni para atlet, Komite Olimpiade Nasional, penonton dan media.

Sementara itu, ibukota Austria, Wina membatalkan rencana pengajuan tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 2028 setelah sebagian besar warganya menolak ide tersebut dalam referendum.

Walikota Wina Michael Haeupl mengatakan hasil pertama menunjukkan 72 persen suara menentang rencana kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade.

Haeupl memberitahu radio ORF “ternyata kebanyakan orang tidak yakin bahwa kota itu akan memperoleh manfaat jangka panjang dari investasi Olimpiade.''

Batas waktu pemberian suara lewat pos adalah Senin depan, meskipun diperkirakan hanya akan ada perubahan kecil saja dari hasil referendum, dimana lebih dari 1,1 juta warga Wina berhak untuk memberikan suara.

Wina pernah menjadi calon tuan rumah Olimpiade musim panas 1964, yang dimenangkan oleh Tokyo. Austria menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada tahun itu, dan sekali lagi pada tahun 1976, di Innsbruck.
XS
SM
MD
LG