Tautan-tautan Akses

Anggota IOC Kecam AS karena Kirim Atlet Gay ke Olimpiade Sochi


Ring olimpiade dipasang di depan stasiun kereta di kota Sochi, Rusia (foto: dok).

Ring olimpiade dipasang di depan stasiun kereta di kota Sochi, Rusia (foto: dok).

Seorang anggota senior Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengecam AS karena mengikutsertakan atlet gay ke Olimpiade Sochi bulan depan.

Seorang anggota senior Komite Olimpiade Internasional (IOC) hari Rabu (15/1) mengecam AS karena mengikutsertakan atlet-atlet gay yang telah menyatakan diri secara terbuka, dalam delegasi resmi Amerika ke Olimpiade Musim Dingin di Sochi – Rusia.

Mario Pescante dalam sebuah pertemuan IOC di Milan hari Rabu (15/1) mengatakan kepada media Italia bahwa tindakan Amerika mengirim empat atlet lesbian ke Rusia hanya untuk menunjukkan bahwa hak-hak kaum gay dihormati di Amerika, adalah tindakan tidak masuk akal.

Pescante menambahkan olimpiade seharusnya menjadi acara dan tempat untuk mempromosikan hak-hak yang didukung olahraga sehari-hari.

Pihak IOC belum memastikan atau membantah komentar Pescante tetapi pidatonya itu diberitakan secara luas oleh Gazzetta dello Sport dan kantor berita Italia ANSA.

Ketika diminta konfirmasi oleh kantor berita Associated Press, Pescante mengatakan ia tidak anti gay. Pescante yang berusia 75 tahun menambahkan ia hanya ingin menyampaikan pesan bahwa politik seharusnya tidak mencampuri pesta olahraga itu.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2000, delegasi Amerika ke Olimpiade tidak mengikutsertakan presiden, wakil presiden atau ibu negara. Presiden Obama mengirim beberapa wakil atlet gay yang sudah menyatakan diri secara terbuka – termasuk petenis Billie Jean King, atlet skat indah Brian Boitano dan pemain hoki Caitlin Cahow.

Pengumuman nama-nama delegasi Amerika itu dilakukan setelah pihak Barat menyampaikan kemarahan terhadap UU di Rusia yang melarang “propaganda” gay, yang telah merusak reputasi internasional Rusia menjelang olimpiade.
XS
SM
MD
LG