Tautan-tautan Akses

IOC akan Bersidang untuk Bahas Kasus Doping dalam Olimpiade 2004


Pebalap sepeda AS Tyler Hamilton (kanan) peraih emas, dan atlet Rusia Viatcheslav Ekimov (perak) dalam Olimpiade Athena 2004 (foto: dok). Hamilton mengaku memakai doping dalam Olimpiade Athena.

Pebalap sepeda AS Tyler Hamilton (kanan) peraih emas, dan atlet Rusia Viatcheslav Ekimov (perak) dalam Olimpiade Athena 2004 (foto: dok). Hamilton mengaku memakai doping dalam Olimpiade Athena.

Ketua Komisi Medis IOC, Arne Ljungqvist mengatakan, sidang-sidang disiplin akan menentukan apakah atlet harus didiskualifikasi dan dicabut medalinya.

Ketua Komisi Medis IOC mengatakan akan diadakan sidang-sidang awal bulan depan untuk membahas atlet yang sampel-sampel urin dan darahnya dinyatakan positif terkena doping dalam pengujian ulang untuk Olimpiade Athena 2004.

Ketua Komisi Medis IOC, Arne Ljungqvist memberitahu Associated Press bahwa sidang-sidang disiplin akan menentukan apakah atlet harus didiskualifikasi dan dicabut medalinya.

Lima sampel dinyatakan positif awal tahun ini ketika IOC menguji ulang kira-kira 100 sampel dari Athena.

Ivan Tskikhan dari Belarus, peraih medali perak cabang lontar martil di Athena, secara umum dinyatakan bersalah oleh Komite Olimpiade Belarus dan dipulangkan dari Olimpiade London.

IOC belum mengumumkan nama-nama atlet lainnya.

Media siaran Jerman ARD hari Senin mengumumkan nama atlet peraih medali emas cabang tolak peluru Yuriy Bilonog dari Ukraina dan tiga atlet peraih medali perunggu lainnya.

Sementara itu, Presiden IOC Jacques Rogge mengatakan mendukung usulan untuk menggandakan larangan bertanding karena doping sampai empat tahun untuk menghindari penggunaan obat-obatan dalam Olimpiade.

The World Anti-Doping Agency atau Badan Anti Doping Dunia berencana meningkatkan hukuman dari dua menjadi empat tahun bagi pelanggaran berat obat-obatan yang termasuk dalam versi kode anti-doping dunia yang baru, yang dalam proses untuk disetujui tahun depan dan mulai berlaku tahun 2015.

Berbicara kepada wartawan dalam sebuah konferensi di Amsterdam, Rogge hari Senin mengatakan proposal itu “memuaskan kami dalam hal mendukung penambahan sanksi atas apa yang saya sebut pelanggaran berat doping.''
XS
SM
MD
LG