Tautan-tautan Akses

Investor Tunggu Keputusan Bank Sentral AS


Para pejabat Bank Sentral AS atau Federal Reserve mengadakan pertemuan 2 hari untuk membahas langkah-langkah guna mendorong ekonomi AS (foto: dok).

Para pejabat Bank Sentral AS atau Federal Reserve mengadakan pertemuan 2 hari untuk membahas langkah-langkah guna mendorong ekonomi AS (foto: dok).

Para pejabat Bank Sentral AS diperkirakan akan menunggu lebih banyak data-data ekonomi sebelum mempertimbangkan langkah-langkah baru pada pertemuan September.

Para investor di berbagai penjuru dunia sedang mengamati para pembuat kebijakan Federal Reserve atau Bank Sentral Amerika hari Rabu (1/8), untuk melihat apakah mereka mengambil tindakan baru untuk mendongkrak ekonomi Amerika yang lemah.

Para pejabat Bank Sentral akan memberikan penilaian mereka terhadap ekonomi terbesar di dunia itu setelah mengkaji tren-tren ekonomi pada sebuah pertemuan dua hari. Namun, para para ekonomi yang disurvai kantor-kantor berita keuangan di Amerika memperkirakan Bank Sentral tidak akan menawarkan langkah-langkah stimulus baru.

Sebaliknya, mereka memperkirakan, para pejabat akan menunggu lebih banyak data-data ekonomi sebelum mempertimbangkan tindakan yang akan diambil pada pertemuan September. Pemerintah Amerika akan mengeluarkan laporan mengenai pengangguran dan pertumbuhan kerja selama bulan Juli pada Jumat mendatang.

Pertanyaan yang dihadapi para pembuat kebijakan fiskal adalah apakah ekonomi Amerika memerlukan dorongan baru yang segera. Ekonomi Amerika melambat pada periode April hingga Juni, dengan hanya tumbuh pada laju 1,5 persen, sementara tingkat pengangguran negara masih tetap tinggi, di atas 8 persen selama 41 bulan berturutan.

Hari Kamis, kepala kebijakan Bank Sentral Eropa akan mempertimbangkan cara-cara baru untuk mengatasi krisis utang pemerintah-pemerintah di zona Euro yang beranggotakan 17 negara. Bank Sentral Eropa bisa memilih untuk membeli secara langsung surat obligasi pemerintah Spanyol dan pemerintah Italia sebagai satu cara untuk meringankan biaya pinjaman mereka.
XS
SM
MD
LG