Tautan-tautan Akses

Investasi China di AS Terus Meningkat


Penandatanganan perjanjian perdagangan dan investasi AS dan China di Seattle 22 September 2015 (foto: dok). Investasi China di AS diperkirakan akan mencapai rekor baru tahun ini.

Penandatanganan perjanjian perdagangan dan investasi AS dan China di Seattle 22 September 2015 (foto: dok). Investasi China di AS diperkirakan akan mencapai rekor baru tahun ini.

Investasi China di AS diperkirakan akan mencapai rekor baru tahun ini karena sejumlah besar aliran dana akan terus mengalir dari China.

Perusahaan-perusahaan China yang berusaha untuk memperluas usaha mereka dan melangsungkan merjer dengan perusahaan-perusahaan AS diperkirakan akan berinvestasi 20 miliar hingga 30 miliar dolar di banyak sektor.

Sean Miner, yang menangani masalah China di Peterson Institute for International Economics, mengatakan, ini kabar baik bagi ekonomi AS. Katanya, investasi itu akan menciptakan ribuan pekerjaan langsung dan tidak langsung di AS.

Ia juga mengatakan, invesatsi China di AS mengalami perubahan. Sepertiga investasi China kini terkonsentrasi di sektor jasa, dari hiburan, layanan kesehatan, IT, hingga keuangan. Katanya, perusahaan-perusahaan China tidak hanya sekedar melangsungkan merjer atau membeli perusahaan-perusahaan AS tapi juga menciptakan investasi baru.

China berinvestasi 11,9 miliar dolar di AS pada tahun 2014. Investasi itu meningkat menjadi 15 milair dolar pada tahun lalu,

Angka-angka investasi ini merupakan bagian dari arus modal China yang mengalir ke luar negeri, yang umumnya ke Eropa dan Asia. Hanya seperdelapan investasi luar negeri China tercurah ke AS tahun lalu. Meski demikian angka ini diperkirakan akan meningkat mengingat adanya kekhawatiran mengenai ekonomi China yang mengalami perlambatan dan kekuatan mata uangnya yang tidak stabil. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG