Tautan-tautan Akses

Intelijen AS Peringatkan Masa Depan Bergejolak di Afghanistan


Taliban dan kelompok-kelompok militan lainnya diperkirakan semakin berpengaruh jika pasukan internasional meninggalkan Afghanistan (foto: ilustrasi).

Taliban dan kelompok-kelompok militan lainnya diperkirakan semakin berpengaruh jika pasukan internasional meninggalkan Afghanistan (foto: ilustrasi).

Laporan intelijen AS memprediksikan kemungkinan Taliban dan kelompok militan lainnya semakin berpengaruh di Afghanistan pasca pasukan internasional meninggalkan negara itu.

Harian utama Amerika mengatakan sebuah laporan intelijen mengenai Afghanistan memprediksikan kemajuan yang telah dibuat Amerika dan sekutu-sekutunya akan terhapus menjelang 2017 karena Taliban dan kelompok-kelompok lainnya semakin berpengaruh sementara pasukan internasional meninggalkan negara itu.

Harian Washington Post mengatakan Prakiraan Intelijen Nasional yang baru mengatakan Afghanistan dengan cepat akan terjerumus dalam kekacauan jika Amerika dan Afghanistan tidak menandatangani perjanjian keamanan untuk mempertahankan kontingen militer internasional di negara itu setelah tahun 2014.

Harian itu mengutip seorang pejabat Amerika yang mengetahui laporan itu, mengatakan tanpa kelangsungan kehadiran tentara dan dukungan keuangan, penilaian intelijen itu mengatakan “situasi dengan cepat akan memburuk”

Tapi laporan itu mengatakan pejabat-pejabat lainnya merasa laporan itu terlampau pesimistis dan tidak memperhitungkan kemajuan yang dibuat oleh pasukan keamanan Afghanistan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG