Tautan-tautan Akses

Intan Senilai 2 Miliar Dolar Dicuri dari Ladang Intan di Zimbabwe


Kelompok HAM Kanada mengatakan, kroni-kroni Presiden Robert Mugabe telah mencuri intan dari ladang-ladang di Zimbabwe (foto: dok).

Kelompok HAM Kanada mengatakan, kroni-kroni Presiden Robert Mugabe telah mencuri intan dari ladang-ladang di Zimbabwe (foto: dok).

Intan senilai hampir dua miliar dolar telah dicuri dari ladang-ladang intan Marange di Zimbabwe sejak 2008 dan uangnya mengalir ke kroni-kroni Presiden Mugabe.

Sebuah kelompok HAM mengatakan permata intan senilai hampir dua miliar dolar telah dicuri dari ladang-ladang intan Marange di Zimbabwe sejak 2008, dan uangnya mengalir ke kroni-kroni Presiden Robert Mugabe.

Organisasi Partnership Africa Canada mengatakan menteri pertambangan Zimbabwe, Obert Mpofu, membiarkan pejabat-pejabat militer dan keamanan menjarah ladang-ladang itu untuk kepentingan pribadi bukannya menggunakan intan itu untuk memulihkan ekonomi Zimbabwe yang kepayahan.

LSM berbasis di Kanada itu mengatakan “ratusan juta dolar yang seharusnya masuk kas Zimbabwe telah ludes akibat perdagangan ilegal dan legal.” Mereka merinci hasil temuan itu dalam laporan setebal 36 halaman yang dirilis Senin. Para pejabat Zimbabwe belum menanggapi tuduhan tersebut.

Namun, suratkabar pemerintah The Herald melaporkan bahwa menteri pertahanan Zimbabwe menantang sesama anggota kabinet untuk menunjukkan bahwa keuntungan dari intan dicuri oleh militer.
XS
SM
MD
LG