Tautan-tautan Akses

Instrumen Bumi akan Digunakan untuk Deteksi Makhluk Hidup di Mars


kendaraan rover NASA 'Curiosity' menjelajahi permukaan planet Mars (foto: NASA).

kendaraan rover NASA 'Curiosity' menjelajahi permukaan planet Mars (foto: NASA).

Sebuah instrumen Bumi yang dikembangkan oleh teknolog NASA mungkin dapat digunakan untuk menemukan tanda-tanda makhluk hidup di planet Mars.

Sebuah instrumen yang digunakan untuk mendeteksi kuman atau mikroba berbahaya di Bumi mungkin dapat digunakan untuk menemukan tanda-tanda adanya makhluk hidup sekarang atau pada waktu lalu di Mars.

Instrumen tersebut, yang dikembangkan oleh teknolog NASA, Branimir Blagojevic, dinamakan BILI dan “lidar yang berbasis neon,” yang bekerja seperti radar, tetapi tidak menggunakan gelombang radio, tetapi alat itu menganalisa sinar untuk menemukan partikel dalam atmosfir.

“NASA belum pernah menggunakannya untuk eksplorasi di darat planet. Kalau NASA mengembangkannya, alat tersebut akanmenjadi yang pertama digunakan di planet lain,” kata Blagojevic.

Blagojevic berharap agar satu hari kelak instrumennya akan dipasang dalam pesawat penyelidik Mars dimana alat itu dapat menganalisa awan debu untuk mencari “tanda-tanda mikroba.”

”Kalau ada tanda-tanda mikroba, mikroba tersebut dapat dideteksi dalam debu,” kata Blagojevic, dan menambahkan bahwa BILI dapat mendeteksi “bahan organik yang sangat kecil dari jarak ratusan meter” dengan segera.

Ini akan bermanfaat karena banyak awan atau kabut mengepul dari permukaan di lereng-lereng, yang tidak mudah didatangi oleh kendaraan rover. [gp]

XS
SM
MD
LG