Tautan-tautan Akses

AS

Instagram Pastikan Foto Pengguna Tidak Dimuat dalam Iklan


Aplikasi Instagram dalam iPhone. (AP/Karly Domb Sadof)

Aplikasi Instagram dalam iPhone. (AP/Karly Domb Sadof)

Menyusul kemarahan banyak pemakai, Instagram menyatakan tidak akan menggunakan foto-foto pengguna dalam iklan.

Instagram, media sosial berbasis foto yang populer dan kini dimiliki Facebook, mengatakan pada Selasa (18/12) bahwa mereka akan menghapus ketentuan yang menyatakan foto-foto milik pengguna dapat muncul di iklan.

Ketentuan tersebut ada dalam kebijakan terbaru yang diumumkan Senin dan dijadwalkan berlaku mulai 16 Januari. Setelah protes di media sosial dan blog, perusahaan tersebut mengatakan mereka tidak memiliki rencana untuk memakai foto pengguna pada iklan.

Meski demikian, Instagram mengatakan media sosial tersebut diciptakan untuk menjadi bisnis dan perusahaan akan bereksperimen dengan berbagai bentuk iklan untuk menghasilkan uang. Instagram saat ini tidak menayangkan iklan. Layanan gratis tersebut sampai saat ini tidak memiliki mekanisme untuk menghasilkan uang dan mendatangkan keuntungan bagi Facebook.

“Tujuan utama kami adalah untuk menghindari hal-hal seperti spanduk iklan yang bisa dilihat di aplikasi lain yang akan mengurangi kenikmatan memakai Instagram,” ujar salah satu pendiri Instagram Kevin Systrom dalam blognya pada Selasa.

Yang membuat marah pengguna dan advokat privasi adalah ketentuan baru Instagram bahwa perusahaan tersebut mungkin akan menerima bayaran dari pihak lain untuk memakai foto para pengguna, nama dan data lain “yang berhubungan dengan konten atau promosi yang dibayar atau disponsori, tanpa kompensasi” para mereka.

Instagram tidak memberikan banyak detail pada saat ini, hanya mengatakan bahwa perubahan tersebut akan membantu layanan mereka “berfungsi lebih mudah sebagai bagian dari Facebook dengan membagi informasi antara dua grup.”

Facebook membeli Instagram pada September seharga US$715,3 juta, $300 juta diantaranya dalam uang tunai, dan sisanya saham. (AP/Barbara Ortutay)
XS
SM
MD
LG