Tautan-tautan Akses

Insiden Desak-desakan di Konser Musik, 2 Tewas di Argentina


Kota Olavarria, tempat berlangsungnya konser musik rock, terletak sekitar 180 kilometer di barat laut ibukota Argentina, Buenos Aires (foto: ilustrasi).

Sedikitnya dua orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika puluhan ribu orang berdesak-desakan menonton konser musik di Argentina hari Minggu (12/3).

Walikota Olavarria, Ezequiel Galli mengatakan para petugas memperkirakan sekitar 160 hingga 170 ribu orang akan memadati konser musik rock Indio Solari, tetapi ternyata jumlah yang datang jauh melampaui perkiraan. Solari sangat terkenal di Argentina dan jarang menggelar konser.

“Situasi menjadi tidak terkendali. Banyak orang datang di luar perkiraan,’’ ujar Galli dalam konferensi

pers. Ditambahkannya, hingga saat konferensi pers dilangsungkan sedikitnya dua orang tewas dan 12 lainnya dirawat di rumah sakit.

Solari telah beberapa kali menangguhkan konsernya, dan bahkan pada satu konser menyerukan para fans untuk membantu orang-orang yang terjatuh dan terinjak karena berdesak-desakan.

Kerumunan massa membuat layanan transportasi umum di Olavarria kewalahan. Galli mengatakan pihak berwenang terpaksa mengerahkan bis-bis tambahan dari dinas ketentaraan dan badan-badan lain.

Olavarria yang terletak sekitar 180 kilometer di barat laut Buenos Aires adalah kota kecil berpenduduk sekitar 120 ribu orang. [em]

XS
SM
MD
LG