Tautan-tautan Akses

Inovasi Kursi Mobil, Janjikan Kenyamanan untuk Pengemudi


Masalah yang setiap hari dialami oleh para pengemudi mobil di jalan atau saat terjebak dalam kemacetan lalu lintas membuat frustasi, menghabiskan banyak waktu dan melelahkan. Dan kelelahan, stres serta kemarahan adalah beberapa faktor pemicu kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera atau bahkan kematian.

Perusahaan teknologi Perancis Faurecia Automotive mengatakan mereka telah mendesain sebuah kursi yang dapat membantu para pengemudi mobil tetap waspada saat mengemudi dengan kursi "Active Wellness."

Sensor yang dipasang di kursi tersebut bisa mengukur sinyal dari tubuh pengemudi dan merespon sinyal tersebut.

“Pada dasarnya, yang kami lakukan adalah memonitor tingkat pernafasan dan denyut jantung melalui kursi tersebut, dan dari hasil itu kami tentukan tingkat stres dan energi sang pengemudi," kata Olaf Biedermann, seorang direktur inovasi Faurecia. "Kalau Anda stres, Anda akan mendapatkan pijatan relaksasi. Kalau tingkat energi Anda rendah, Anda akan mendapat pijatan yang penuh energi."

Perusahaan ini membutuhkan waktu lima tahun untuk membuat prototip yang menggunakan gabungan aliran udara dengan jenis pijatan untuk merespon kebutuhan pengemudi. Kursi tersebut bahkan dapat mendinginkan suhu udara apabila si pengemudi merasa kepanasan.

Kursi ini akan tersedia di pasaran pada tahun 2020 untuk membuat para pengemudi merasa lebih tenang dan aman di jalan. [eis/dw]

XS
SM
MD
LG