Tautan-tautan Akses

Ingin Tahu Keberadaan Sinterklas? Ada App untuk Melacaknya


Apa yang Sinterklas lakukan beberapa jam sebelum Natal?

Apakah ia membantu peri mengangkut mainan dari tempat kerjanya? Memberi makan rusanya? Minum kopi?

Dan begitu ia naik ke kereta luncur merahnya yang mengkilap, dari mana perjalanannya keliling dunia dimulai dan berakhir?

Keberadaan pasti Sinterklas memang telah lama menjadi misteri... tapi sekarang sudah tidak lagi.

NORAD membantu menemukan Sinterklas

Berkat app baru dan situs web yang terus diperbarui, penggemar Sinterklas dari segala umur kini bisa melacak perjalanan kakek berkostum merah itu di belahan manapun di dunia.

Resor ski di Maine menyambut 150 Sinterklas yang bermain ski dan snowboard, 6 Desember, untuk mengumpulkan amal.

Resor ski di Maine menyambut 150 Sinterklas yang bermain ski dan snowboard, 6 Desember, untuk mengumpulkan amal.

Di sebuah tempat dengan keamanan ketat di Colorado, anggota militer menyiapkan radar mereka, satelit dan pesawat pengintai mereka untuk melacak perjalanan tahunan Sinterklas dari Kutub Utara mengirimkan kado-kado ke rumah-rumah di seluruh dunia.

Para pengguna bisa mengakses informasi itu dengan berkunjung ke situs web North American Aerospace Defense Command's (NORAD), juga dikenal sebagai NORAD Tracks Santa, atau NORAD melacak Sinterklas, yang tersedia dalam delapan bahasa: Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, Jepang, Portugis dan China.

Atau para pengguna bisa mengunduh app pelacak Sinterklas khusus buatan NORAD di tablet dan smartphone.

Stacey Knott, juru bicara NORAD-Santa, mengatakan mulai 24 Desember, siapapun yang memiliki smartphone bisa mengunjungi situs webnya atau menggunakan app mobile untuk melihat rute Sinterklas.

“Kami akan melacak Sinterklas sepanjang hari pada tanggal 24 Desember, hingga subuh tanggal 25 Desember, dan para pengguna bisa melihat di mana Sinterklas singgah di berbagai lokasi di seluruh dunia," ujarnya.

Para pengguna bisa melacak Sinterklas di Jerman, contohnya, di mana ia kemungkinan besar akan memberikan permen kepada anak-anak di kereta, atau di Inggris, di mana ia akan mengisi kaos kaki anak-anak dengan permen dan hadiah-hadiah kecil.

Anak-anak di Munich, Jerman, menerima kunjungan kejuta dari St. Nicholas sebelum mereka naik ke kereta api kuno untuk perjalanan spesial Natal bersamanya.

Anak-anak di Munich, Jerman, menerima kunjungan kejuta dari St. Nicholas sebelum mereka naik ke kereta api kuno untuk perjalanan spesial Natal bersamanya.

"Ia selalu memulai perjalanannya dari belahan bumi timur," kata Knott, "lalu ia menuju barat, mengikuti langit malam untuk berkeliling dunia dan terbang selama 24 jam."

Ia tahu kapan kita tidur

Tapi walaupun kita bisa melacak Sinterklas tidak berarti kita harus begadang dan menunggunya muncul, pesan Knott.

Di banyak negara, kakek berjenggot putih dengan pipi bersemu merah itu tidak akan datang ke rumah kita kalau kita tidak tidur.

"Dia akan pergi, jadi kita harus tidur," kata Knott.

Mereka yang masih gaptek bisa menelepon pusat operasi Pelacakan Santa NORAD, yang akan berjaga-jaga selama Sinterklas berkeliling dunia.

Para sukarelawan akan menerima telepon dari seluruh dunia, dan memberikan salam Natal bagi semua orang. [dw]

XS
SM
MD
LG