Tautan-tautan Akses

Inggris Umumkan Pertemuan Besar Terkait Pembajak Somalia


Kapal MV Pasific Express yang diduga dibakar oleh pembajak Somalia (21/09) diderek oleh petugas Kenya ke Mombasa (foto: dok).

Kapal MV Pasific Express yang diduga dibakar oleh pembajak Somalia (21/09) diderek oleh petugas Kenya ke Mombasa (foto: dok).

Perdana Menteri Inggris David Cameron akan mengadakan pertemuan di London terkait pembajak Somalia sebagai upaya untuk melindungi kapal di Teluk Aden.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengumumkan negaranya akan menyelenggarakan pertemuan besar tahun depan yang berfokus pada ancaman pembajak Somalia dan ketidakstabilan di negara Afrika Timur itu.

Cameron mengatakan dalam pidato hari Senin bahwa sudah tiba waktunya untuk menghadapi pembajak, yang dia gambarkan sebagai orang-orang ganas dan tak mematuhi hukum yang bukan tidak kelihatan.

Dia mengatakan pertemuan di London itu akan membicarakan usaha untuk melindungi kapal di Teluk Aden dan menekan para ekstremis, tetapi dia tidak memberikan tanggal pertemuan itu.

Perdana menteri itu menyebut Somalia sebuah negara yang gagal yang secara langsung mengancam kepentingan Inggris, dan dimana wisatawan dan pekerja bantuan diculik sementara rakyat Somalia menderita kelaparan.

Cameron mengumumkan rencana bulan lalu untuk mengizinkan kapal-kapal dagang berbendera Inggris berlayar ke Tanduk Afrika itu untuk mengangkut pengawal bersenjata untuk menghadapi pembajak.

XS
SM
MD
LG