Tautan-tautan Akses

Inggris: Putin Merupakan Ancaman bagi Baltik


Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon menyebut Rusia sebagai ancaman bagi negara-negara di kawasan Baltik (foto: dok).

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon menyebut Rusia sebagai ancaman bagi negara-negara di kawasan Baltik (foto: dok).

Menhan Inggris menyebut Rusia sebagai ancaman bagi negara-negara di kawasan Baltik, yang kini adalah bagian dari NATO.

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon hari Kamis (19/2) mengatakan Rusia menimbulkan "bahaya nyata" bagi keamanan Eropa dan bisa mengacaukan negara-negara di Baltik.

Berbicara kepada wartawan yang bepergian dengannya ke Sierra Leone, Fallon mengatakan "khawatir tentang tekanan (Putin) di Baltik, cara Putin yang sedang menguji NATO," dan menyebut pemimpin Rusia itu "sebagai ancaman besar bagi Eropa seperti ISIS."

Fallon mengatakan ketegangan antara Rusia dan NATO "meruncing,'' dan NATO harus siap menangkis serangan apapun yang mengancam Estonia, Latvia dan Lithuania.

Rusia dengan cepat membantah pernyataan Michael Fallon, katanya ucapan itu melanggar "etika diplomatik."

Berbicara dalam konferensi mingguan di hadapan para wartawan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich hari Kamis mengatakan NATO telah mengada-ada tentang "mitos ancaman Rusia yang tidak pernah ada."

Dalam laporan kantor berita Interfax Lukashevich menuduh NATO menjadi ancaman, di mana Rusia telah "memperhitungkannya dalam rencana militer mereka."

Komentar Michael Fallon datang selagi pertempuran berlanjut di Ukraina timur, meskipun Eropa berupaya mempertahankan gencatan senjata.

XS
SM
MD
LG