Tautan-tautan Akses

Inggris Selidiki Kaitan Pembunuh Anggota Parlemen dengan Nasionalis Ekstrem Kanan 


Petugas kepolisian Inggris berdiri di depan kediaman Thomas Mair, pria yang ditangkap terkait tewasnya anggota parlemen Inggris Jo Cox di Leeds, Inggris (17/6).

Petugas kepolisian Inggris berdiri di depan kediaman Thomas Mair, pria yang ditangkap terkait tewasnya anggota parlemen Inggris Jo Cox di Leeds, Inggris (17/6).

The Southern Poverty Law Center berbasis AS, yang memonitor kelompok kebencian di Amerika dan internasional, mengatakan Thomas Mair adalah pendukung kelompok neo-Nazi AS yang disebut Aliansi Nasional sejak 1999.

Tim penyidik kepolisian di Yorkshire, Inggris utara, menolak mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa tersangka pembunuh seorang anggota parlemen berusia 41 tahun mungkin termotivasi oleh keyakinan nasionalis ekstrem kanan.

Beberapa saksi mata serangan oleh Thomas Mair, seorang pria setempat berusia 52 tahun, mengatakan dia berteriak "Britain First" saat menembak anggota parlemen itu tiga kali, menikamnya dan kemudian menyeret ibu dua anak yang bergelimang darah itu dengan menjambak rambutnya.

Partai politik kecil ekstrem kanan, Britain First, yang telah berkampanye selama bertahun-tahun agar negara itu meninggalkan Uni Eropa, mengemukakan mereka "tidak terlibat" dalam serangan terhadap anggota parlemen yang pro-Uni Eropa itu, dan pemimpinnya mengutuk serangan itu.

Sumber di kepolisian Yorkshire mengukuhkan kepada VOA bahwa penyidik sedang memeriksa dugaan kaitan Mair dengan kelompok ekstrem kanan serta meneliti riwayat kesehatan mentalnya.

Detektif yang menggeledah rumah Mair untuk bukti materi ekstremis sayap kanan. The Southern Poverty Law Center berbasis AS, yang memonitor kelompok kebencian di Amerika dan internasional, mengatakan Mair adalah pendukung kelompok neo-Nazi AS yang disebut Aliansi Nasional sejak 1999.

Organisasi itu mengatakan Mair telah memesan buku senilai lebih dari $620 dari percetakan kelompok itu, National Vanguard Books, termasuk pedoman membuat senjata dan bom rakitan. [as/uh]

XS
SM
MD
LG