Tautan-tautan Akses

Inggris Selidiki Badan-badan Amal yang Mendanai 'Jihadi John'


Direktur Riset Cage, Asim Qureshi, saat memberikan konferensi pers di London (26/2).

Direktur Riset Cage, Asim Qureshi, saat memberikan konferensi pers di London (26/2).

Organisasi-organisasi donatur yang memberi sumbangan kepada kelompok aktivis yang menjalin kontak dengan pria yang kemudian dikenal dengan nama "Jihadi John," sedang berada dalam tekanan dari politisi Inggris dan penyelidikan oleh aparat untuk menjelaskan mengapa mereka memberi beberapa ratus poundsterling kepada kelompok tersebut.

Badan amal Joseph Rowntree, sebuah lembaga keagamaan, dan Roddick Foundation, yang didirikan oleh almarhum pendiri Body Shop, adalah sebagian pihak yang juga diselidiki mengapa mereka mendanai Cage, sebuah kelompok aktivis yang setelah identitas Jihadi John disebut sebagai Mohammed Emwazi, menyebut Emwazi sebagai pria yang sebelumnya adalah "orang baik-baik."

"Saya mengutuk siapapun yang berupaya untuk memaafkan kebrutalan dengan cara seperti yang dilakukan oleh Cage," ujar menteri dalam negeri Inggris Theresa May kepada parlemen sebagai respon terhadap komentar oleh direktur riset Cage, Asim Qureshi, kepada media pekan lalu.

Cage yang didirikan oleh kelompok Muslim London dengan tujuan untuk membantu para tersangka dari Inggris yang ditahan oleh Amerika Serikat di Guantanamo Bay. Para aktivisnya menyalahkan kebijakan luar negeri AS dan Inggris yang menurutnya telah meradikalisasi kaum Muslim dan menuduh dinas keamanan Inggris yang menekan anggota komunitas Muslim yang menolak menjadi informan bagi penegak hukum.

Komisi Amal Inggris, sebuah lembaga regulator pemerintah setempat telah meluncurkan penyelidikan mengenai apakah para donatur Cage telah memastikan bahwa dana mereka hanya digunakan untuk hal-hal yang sejalan dengan misi mereka. Komisi tersebut mengatakan, Senin, bahwa mereka telah membuka kasusnya terhadap Rowntree dan Roddick Foundation.

"Dalam kedua kasus, keprihatinan komisi regulator berpusat pada bagaimana pendonor memastikan bahwa sumbangan mereka bagi non-lembaga amal digunakan hanya untuk tujuan amal yang sesuai dengan misi mereka," ujarnya pernyataan dari komisi tersebut.

Badan amal Joseph Rowntree mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa lembaga ini telah tiga kali memberikan sumbangan bagi Cage pada tahun 2007, 2008 dan 2011, dengan jumlah total 305.000 poundsterling. Sumbangan terakhir disalurkan kepada Cage pada bulan Januari 2014.

Roddick Foundation, yang didirikan untuk "mendukung mereka yang membawa perubahan bagi dunia," memberikan Cage 35.000 poundsterling per tahun pada tahun finansial 2012 dan 2013, dan 25.000 poundsterling per tahun pada tahun finansial 2010 dan 2011, menurut akun-akun yang dirilis kepada publik oleh Komisi Amal Inggris.

Badan amal Joseph Rowntree membela keputusannya menyumbangkan dana bagi Cage. "Kami yakin (Cage) telah memainkan peran penting menyoroti penyalahgunaan yang berlangsung di Guantanamo Bay dan banyak tempat-tempat lain di dunia, termasuk kasus-kasus penyiksaan," ujar lembaga tersebut dalam pernyataannya. Sementara itu, Roddick Foundation tidak dapat dikontak untuk berkomentar. ​

Hubungan antara Emwazi dan Cage mulai terjalin pada tahun 2009, ketika Emwazi mengunjungi kantor Cage di belakang sebuah masjid di London bagian timur.

Cage menyelenggarakan konferensi pers pekan lalu untuk membuka kepada publik email-email yang dikirim oleh Emwazi kepada Cage selama beberapa tahun di mana ia mengeluh berada di bawah tekanan dinas keamanan Inggris.

Di websitenya, grup tersebut mengatakan: "Cage telah berkampanye melawan perang terhadap teror selama lebih dari satu dekade."

Tidak banyak informasi publik mengenai pembukuan Cage, yang masuk dalam daftar perusahaan di Inggris, tapi baru sekali mengirim data keuangan mereka pada tahun 2008. Sebagai perusahaan berskala kecil, Cage tidak diwajibkan untuk mengirim laporannya setiap tahun.

XS
SM
MD
LG