Tautan-tautan Akses

Inggris, Rusia Desak Pencairan Hubungan Diplomatik


Menteri Luar Negeri Inggris William Hague berjabat-tangan dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev di Moskow hari ini.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague berjabat-tangan dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev di Moskow hari ini.

Di Moskow, Menlu Inggris William Hague mengatakan perlunya dialog dan diplomasi untuk menyelesaikan berbagai isu yang belum tuntas.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan Moskow dan London perlu bekerjasama untuk menyelesaikan berbagai tantangan keamanan global, meskipun ada perbedaan pendapat yang serius di antara kedua negara.

Hague berbicara hari Rabu di Moskow, setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov. Ia mengatakan kepada wartawan bahwa dialog dan diplomasi menawarkan harapan terbaik untuk menyelesaikan berbagai isu yang belum tuntas.

Lavrov sependapat dan menekankan bahwa kerjasama harus mengatasi berbagai perbedaan pendapat antara kedua negara.

Ketegangan antara Moskow dan London meningkat terkait kasus pembunuhan mantan mata-mata KGB Alexander Litvinenko dengan racun, di London, empat tahun silam.

Inggris menginginkan Rusia mengekstradisi mantan mata-mata KGB yang beralih menjadi politikus Andrei Lugovoi, tersangka utama mereka dalam kasus pembunuhan tahun 2006 itu. Moskow menolak permintaan tersebut, seraya menyatakan konsttusi Rusia melarang ekstradisi anggota parlemen Rusia.

Kedua negara juga berbeda pendapat mengenai sikap Rusia terhadap Georgia, dan dukungan Moskow terhadap provinsi Abkhazia dan Ossetia Selatan yang memisahkan diri.

XS
SM
MD
LG