Tautan-tautan Akses

Inggris Peringati Genap 60 Tahun Singgasana Ratu Elizabeth


Ratu Elizabeth II (Foto: dok).

Ratu Elizabeth II (Foto: dok).

Inggris memperingati genap 60 tahun Ratu Elizabeth di singgasana, hari ini (6/2). Puncak perayaannya akan diadakan bulan Juni mendatang, salah satunya dengan menggelar pelayaran melintasi Sungai Thames yang akan diikuti sekitar 1.000 kapal.

Ratu berusia 85 tahun itu memulai hari peringatan bersejarah itu dengan serangkaian kunjungan di Inggris timur yang akan mencapai puncaknya dengan perayaan selama empat hari pada bulan Juni.

Hari Minggu, Ratu Elizabeth, beserta suaminya, Pangeran Philip, menghadiri kebaktian di gereja dalam cuaca bersalju. Pangeran berusia 90 tahun itu menjalani operasi jantung bulan Desember.

Para anggota keluarga kerajaan berencana menghadiri perayaan di luar Inggris di negara-negara anggota Persemakmuran Inggris. Ratu Elizabeth adalah juga ratu bagi enam belas negara. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip akan membatasi lawatan mereka hanya di Inggris.

Elizabeth, menjadi ratu Inggris tanggal 6 Februari tahun 1952, ketika ayahnya, Raja George VI, wafat setelah sakit-sakitan selama bertahun-tahun.

Elizabeth biasanya memperingati ulang tahun penobatannya dengan diam-diam. Penobatan Elizabeth adalah upacara demikian yang pertama kali ditayangkan televisi langsung ke jutaan orang yang menonton televisi BBC dan jutaan lainnya yang menonton film mengenai upacara itu di Amerika Serikat dan Kanada beberapa jam kemudian.

XS
SM
MD
LG