Tautan-tautan Akses

Inggris Negara Pertama yang Izinkan Bayi Tabung dari DNA 3 Orang


Seorang ahli embriologi sedang bekerja di klinik kesuburan di London.

Seorang ahli embriologi sedang bekerja di klinik kesuburan di London.

Teknik yang dikenal sebagai fertilisasi in-vitro yang kontroversial ini dapat mencegah para ibu menurunkan penyakit-penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Inggris akan menjadi negara pertama yang melegalkan teknik bayi tabung "tiga orangtua" yang menurut pada dokter akan mencegah beberapa penyakit keturunan yang tidak dapat disembuhkan namun dikhawatirkan kritik akan mengarah pada "bayi rancangan manusia."

Setelah berdebat selama lebih dari tiga jam, para anggota majelis tinggi parlemen akhirnya memutuskan Selasa (24/2) untuk mengubah undang-undang untuk mengizinkan metode tersebut, menyusul keputusan sama yang disuarakan majelis rendah awal bulan ini.

Teknik ini dikenal sebagai fertilisasi in-vitro 'tiga orangtua' karena bayi-bayi yang dilahirkan dari embrio-embrio yang dimodifikasi secara genetis, akan mendapatkan DNA mereka dari seorang ibu, seorang ayah dan dari donor perempuan.

Hal ini dirancang untuk membantu keluarga-keluarga yang memiliki penyakit mitokondria, kondisi tak terobati yang diwariskan dari garis ibu dan mempengaruhi sekitar satu dari 6.500 anak-anak di seluruh dunia.

Meski teknik-teknik ini masih ada dalam tahap riset di laboratorium di Inggris dan Amerika Serikat, para ahli mengatakan karena kendala hukum sudah tidak ada, maka bayi tabung pertama berorangtua tiga orang di Inggris dapat lahir paling cepat 2016.

XS
SM
MD
LG