Tautan-tautan Akses

Inggris Nantikan Kelahiran Bayi Kerajaan


Ladders pile up as journalists prepare at the entrance to the Lindo Wing at St Mary's Hospital in London, July 2, 2013.

Ladders pile up as journalists prepare at the entrance to the Lindo Wing at St Mary's Hospital in London, July 2, 2013.

Media Inggris dengan harap-harap cemas menanti kelahiran bayi pewaris tahta kerajaan Inggris minggu ini.

Para fotografer berkemah di luar rumah sakit, media sosial dipenuhi komentar, dan toko-toko berlomba menjual barang keperluan bayi menjelang kelahiran calon pewaris tahta kerajaan Inggris minggu ini.

Inggris secara resmi menantikan kelahiran bayi pertama Pangeran William dan istrinya Kate Middleton, yang akan menjadi pewaris tahta ketiga.

Pasangan tersebut, dikenal dengan gelar Duke dan Duchess of Cambridge sejak pernikahan mereka yang mewah pada April 2011, mengumumkan pada Desember lalu bahwa Kate sedang mengandung setelah ia dirawat di rumah sakit selama empat hari karena menderita mual dan muntah yang parah.

Menjelang kelahiran bayi, Duchess menghentikan semua tugas resminya bulan lalu sementara Pangeran William, pilot helikopter pencarian dan cucu Ratu Elizabeth, siap sedia di sebuah markas angkatan udara di Wales bagian utara untuk kembali ke London.

Pasangan tersebut tidak pernah menyatakan tanggal kelahiran bayi yang pasti selain mengatakan bahwa bayi akan lahir sekitar pertengahan Juli, dan kelahirannya akan diumumkan secara tradisional dan modern, yaitu via Twitter, laman dan pengumuman di luar Istana Buckingham.

Pejabat istana mengatakan bahwa bayi tersebut akan dikenal dengan namanya sendiri dan bergelar His atau Her Royal Highness Prince/Princess of Cambridge. Pihak istana juga mengatakan Senin (8/7) bahwa cucu Ratu yang lain, Zara Phillips dan suaminya, pemain rugby Mike Tindall, juga sedang menanti kelahiran bayi tahun baru nanti.

Joe Little, editor pelaksana Majesty Magazine, mengatakan duke dan duchess merupakan pasangan yang tertutup, dan meski sadar akan ketertarikan global yang masif, mencoba untuk membatasi paparan publik.

"Privasi adalah kunci bagi Pangeran William karena ia melihat bagaimana mendiang ibunya, Putri Diana, menderita di tangan paparazzi, dan ia ingin memastikan hal itu tidak terjadi pada istri dan anak-anaknya," ujar Little.

Bayi tersebut akan lahir di sayap eksklusif Lindo di Rumah Sakit St. Mary's di London, tempat William lahir 31 tahun lalu. Putri Diana, yang tewas dalam kecelakaan mobil pada 1997 setelah bercerai dengan Pangeran Charles, juga melahirkan Pangeran Harry di sana.

Pangeran Charles hadir pada kelahiran kedua putranya dan berencana akan mendampingi putra sulungnya.

Laki-laki atau perempuan, bayi tersebut akan menjadi pewaris tahta ketiga bagi kerajaan, mendorong Pangeran Harry ke tempat keempat dalam urutan tahta, seiring perubahan aturan kerajaan yang diubah oleh pemerintah. Sebelumnya, laki-laki selalu didahulukan dalam tahta kerajaan.

Kelahiran bayi tersebut akan dibantu oleh Marcus Setchell, mantan ginekolog Ratu, di sayap pribadi dengan biaya US$7,400 untuk kelahiran normal dan setiap tambahan hari dikenai biaya $1.500.

Mark Stewart, fotografer spesialis kerajaan, merupakan salah satu dari mereka yang pertama kali mengambil tempat di depan rumah sakit untuk mendapatkan posisi terdepan ketika pasangan tersebut dan bayinya muncul dari rumah sakit.

"Secara global ada ketertarikan besar terhadap bayi kerajaan, terutama di Amerika, dan saya ingin mendapat tempat duduk terdepan dalam sejarah dunia," ujar Stewart, yang merantai tangganya supaya tidak direbut orang.

Jenis kelamin bayi tetap tidak diketahui meski ada gosip bahwa Kate hampir mengucapkan bahwa bayinya perempuan.

Para juru taruhan bersemangat mengeruk uang untuk spekulasi jenis kelamin, nama dan bahkan warna rambut bayi tersebut.

Ada yang menyebut Alexandra, Charlotte, Elizabeth, Diana dan Victoria untuk bayi perempuan, atau George dan James untuk bayi laki-laki.

“Namanya pasti tradisional karena ia pewaris tahta kerajaan. Ia tidak akan dinamai Putri Kylie atau Pangeran Wayne," ujar Little.

Dengan popularitas keluarga kerajaan yang masih besar di Inggris dan luar negeri, seperti terlihat dalam pesta pernikahan William dan Kate serta perayaan 60 tahun tahta Ratu Inggris tahun lalu, para peritel berlomba mengambil untung dari kelahiran bayi ini.

Toko-toko mengeluarkan baju tidur "Born to Rule (Lahir untuk Memimpin)", toko-toko istana menjual baju tidur seperti seragam penjaga, dan Pangeran Charles menjual sepatu bayi di tanah pertanian miliknya.

Perancang perhiasan selebriti Theo Fennell telah menciptakan hadiah bayi yang paling mewah sejauh ini, yaitu gelang emas putih 18 karat bertahtakan permata dengan gantungan bergambar krim popok seharga $15.000. (Reuters/Belinda Goldsmith)
XS
SM
MD
LG