Tautan-tautan Akses

Inggris Legalkan Perkawinan Sesama Jenis


Para pendukung perkawinan sejenis membawa poster ucapan terima kasih di depan gedung parlemen Inggris (15/7).

Para pendukung perkawinan sejenis membawa poster ucapan terima kasih di depan gedung parlemen Inggris (15/7).

Pemerintah Inggris hari Rabu (17/7) resmi melegalkan perkawinan sesama jenis setelah Ratu Elizabet II memberi persetujuan atas RUU yang telah disetujui parlemen.

Inggris hari Rabu melegalkan perkawinan gay setelah Ratu Elizabet II memberi persetujuan, memuluskan jalan bagi perkawinan sesama jenis pertama pada musim panas mendatang.

Para anggota Kongres bersorak ketika Ketua DPR John Bercow mengatakan kerajaan telah memberi persetujuan – sehari setelah RUU untuk melegalkan perkawinan sesama jenis di Inggris dan Wales disetujui oleh parlemen.

Persetujuan Ratu itu merupakan formalitas dan merupakan langkah terakhir bagi RUU itu untuk menjadi undang-undang.

Undang-undang ini mengijinkan pasangan gay untuk menikah dalam upacara sipil dan keagamaan di Inggris dan Wales, asalkan lembaga keagamaan itu menyetujuinya. Church of England dilarang melakukan upacara-upacara semacam itu.

Undang-undang itu juga akan mengijinkan pasangan yang sebelumnya terikat dalam komitmen sipil – yang diberlakukan tahun 2005 dan memberi hak-hak dan tanggungjawab serupa dengan perkawinan – untuk mengubah hubungan mereka menjadi perkawinan.

Pemerintah Inggris memberlakukan RUU itu bulan Januari lalu.

Perdana Menteri Inggris David Cameron telah mendukung RUU tersebut tetapi Partai Konservatif-nya memiliki pandangan berbeda dan menjadi perdebatan sengit di Majelis Rendah dan Majelis Tinggi DPR.

Sejumlah upaya untuk membatalkan RUU sewaktu diajukan ke parlemen gagal. Kalangan tradisionalis berargumentasi bahwa RUU itu merusak kesucian perkawinan.
XS
SM
MD
LG