Tautan-tautan Akses

Jepang, Inggris Kerjasama dalam Proyek-proyek Pertahanan


PM Inggris David Cameron (kiri) bersalaman dengan PM Jepang Yoshihiko Noda dalam pertemuan di Tokyo (10/4).

PM Inggris David Cameron (kiri) bersalaman dengan PM Jepang Yoshihiko Noda dalam pertemuan di Tokyo (10/4).

PM Inggris David Cameron dan PM Jepang, Yoshihiko Noda, mengumumkan kesepakatan mereka setelah pertemuan hari Selasa di Tokyo.

Inggris dan Jepang telah sepakat untuk bekerjasama dalam proyek-proyek terkait pertahanan, dalam kesepakatan Jepang yang pertama semacam itu di luar aliansinya dengan Amerika.

Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda, mengumumkan kesepakatan mereka setelah pertemuan hari Selasa di Tokyo.

Kedua pemimpin mengatakan negara mereka akan memulai riset bersama, pembuatan dan produksi peralatan pertahanan dan berupaya untuk meluncurkan sekurangnya satu program pertahanan secepatnya.

Cameron akan berkunjung ke Birma hari Jumat, menjadi pemimpin negara barat pertama yang melawat kesana sejak pemerintahan militer selama puluhan tahun berakhir tahun lalu. Ia akan bertemu di Birma dengan pemimpin pro demokrasi Aung San Suu Kyi yang partai politiknya menang besar dalam pemilu parlemen awal bulan ini.

Perdana Menteri Cameron juga akan berkunjung ke Indonesia dan Malaysia dalam lawatannya ke Asia Tenggara.

Pada hari Selasa Perdana Menteri Inggris itu mengunjungi kantor pusat Nissan Motor di Jepang di selagi perusahaan itu mengumumkan rencana pengeluarannya sebesar 200 juta dolar untuk membuat kendaraan hatchback baru di pabriknya di Inggris tahun 2014. Nissan sebelumnya mengatakan akan membangun kendaraan efisien di fasilitas yang sama.

Komitmen Nissan itu diperkirakan akan menciptakan lebih dari seribu lapangan kerja baru di Inggris.
XS
SM
MD
LG