Tautan-tautan Akses

Inggris Deportasi Ulama Radikal ke Yordania


Ulama radikal Islamis Abu Qatada menaiki tangga pesawat khusus yang membawanya ke Yordania dari Bandara RAF Northolt di London (7/7).

Ulama radikal Islamis Abu Qatada menaiki tangga pesawat khusus yang membawanya ke Yordania dari Bandara RAF Northolt di London (7/7).

Ulama radikal Islamis Abu Qatada dideportasi dari Inggris ke Yordania untuk menghadapi dakwaan terorisme, Minggu pagi (7/7), mengakhiri sengketa hukum selama hampir satu dekade.

Langkah deportasi Abu Qatada ke Yordania dilakukan setelah Inggris dan Yordania meratifikasi perjanjian terkait tindakan penyiksaan dengan tujuan meringankan masalah HAM yang menghalangi upaya-upaya sebelumnya untuk mendeportasi ulama Yordania kelahiran Palestina itu.

Abu Qatada usia 53 tahun, pernah dijuluki tangan kanan Osama bin Laden di Eropa, ia dicari di Yordania untuk diadili dalam beberapa kasus terorisme di mana ia telah dijatuhi hukuman secara in absentia.

Pemerintah Inggris sejak tahun 2011 telah berupaya mendeportasi Qatada, tetapi pengadilan telah memblokir ekstradisi itu karena khawatir Jordan mungkin menggunakan bukti-bukti yang diperoleh melalui penyiksaan untuk memberatkan dirinya.

Perjanjian yang diratifikasi bulan lalu tersebut memastikan hal itu tidak akan terjadi.

Para pejabat Inggris menyambut baik keberangkatan Abu Qatada hari Minggu, di mana Menteri Dalam Negeri Inggris Theresa May telah berjanji untuk berusaha menghilangkan berbagai lapisan proses banding yang berlaku dalam kasus tersebut, sehingga sengketa hukum serupa yang berlarut-larut tidak akan terulang kembali.
XS
SM
MD
LG