Tautan-tautan Akses

Inggris Belum Kukuhkan Penangkapan Warganya oleh Iran


Jaksa Iran, Abbas Jafari Dolatabadi (foto: dok).

Jaksa Iran, Abbas Jafari Dolatabadi (foto: dok).

Pemerintah Inggris mencari informasi tentang ditangkapnya seorang warga Inggris keturunan Iran oleh Iran, karena dicurigai menjadi mata-mata untuk Inggris.

Kantor Luar Negeri Inggris belum mengukuhkan apakah tahanan itu warga negara Inggris, tapi pernyataan yang dikeluarkan mengatakan, "Kami sedang mencari informasi menyusul penangkapan seseorang yang berkewarganegaraan ganda, Iran dan Inggris, di Iran.''

Jaksa Iran, Abbas Jafari Dolatabadi mengatakan, orang yang ditahan itu "aktif dalam bidang ekonomi, terkait dengan Iran."

Dolatabadi tidak mengungkapkan nama atau apa kewarganegaraan-kedua orang itu, tetapi mengatakan orang itu ditangkap pekan lalu.

Keadaan seputar penangkapan tidak jelas, tetapi penangkapan orang yang punya ikatan dengan negara lain meningkat di Iran, setelah disetujuinya kesepakatan nuklir negara itu dengan negara-negara kuat.

Iran tidak mengakui kewarganegaraan ganda, yang berarti orang-orang yang berkewarganegaraan ganda tidak berhak mendapat bantuan diplomatik.

Iran telah menangkap sedikitnya enam orang berwarganegaraan ganda dalam satu tahun terakhir. Para tahanan biasanya diadili oleh Mahkamah Revolusi Iran, yang menangani kasus-kasus yang melibatkan orang-orang yang dituduh berusaha menggulingkan pemerintah. [ps/ds]

XS
SM
MD
LG