Tautan-tautan Akses

Inggris, AS dan Donor Janjikan $300 Juta Bantuan untuk Somalia


PM Inggris David Cameron dan Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud tiba di konferensi bantuan untuk Somalia di London (7/5).

PM Inggris David Cameron dan Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud tiba di konferensi bantuan untuk Somalia di London (7/5).

Inggris, Amerika Serikat, dan donor internasional lain menjanjikan bantuan lebih dari $ 300 juta untuk membangun kembali Somalia pasca perang dan kekacauan selama 20 tahun.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan negaranya akan menjanjikan $ 15,5 juta untuk pengembangan angkatan bersenjata Somalia dan $ 22,5 juta untuk memperkuat kepolisian dan melatih hakim-hakim serta sarjana hukum.

Ia mengatakan dukungan bagi Somalia adalah mendesak dan harus serta mengingatkan bahwa kegagalan membantu Somalia akan menimbulkan terorisme yang lebih besar.

Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud mengatakan dalam konferensi lebih dari 50 negara dan organisasi di London itu, Selasa (8/5) meskipun negaranya menghadapi banyak tantangan, namun ia yakin berkat dukungan dan investasi internasional, Somalia dapat menjadi lebih baik. Presiden Mohamud menyebut kelompok militan al-Shabab sebagai salah satu ancaman yang masih dihadapi negara itu.
XS
SM
MD
LG