Tautan-tautan Akses

Inggris akan Kerahkan 13.500 Tentara untuk Amankan Olimpiade 2012


Inggris akan mengerahkan 13.500 tentara untuk membantu polisi London mengamankan olimpiade 2012 (foto: dok).

Inggris akan mengerahkan 13.500 tentara untuk membantu polisi London mengamankan olimpiade 2012 (foto: dok).

Inggris akan menyediakan hingga 13.500 tentara untuk mengamankan Olimpiade musim panas mendatang di London – jumlahnya melebihi tentara Inggris yang ditempatkan di Afghanistan – setelah pihak penyelenggara mengatakan keadaan internasional yang tidak pasti membutuhkan keamanan yang berlipat ganda.

Menteri Pertahanan Inggris, Philip Hammond mengatakan dukungan militer itu akan menyediakan bala bantuan bagi pasukan polisi dan staf-staf pribadi yang sudah dikontrakan untuk mengamankan tempat-tempat penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpik yang akan menjadi operasi keamanan masa damai terbesar bagi Inggris.

Kehadiran militer juga mencakup pasukan khusus dan satuan penjinak bom serta 1.000 pasukan darurat untuk "keadaan darurat sipil terkait Olimpiade."

Olympic Park di Stratford, London timur, akan dilindungi oleh rudal-rudal pertahan serangan udara, sama dengan kebijakan yang diambil oleh Beijing tahun 2008 dan Athena tahun 2004.

Keprihatinan meningkat tentang keamanan internasional setelah pergolakan “kebangkitan negara-negara Arab” dan peristiwa lainnya menyebabkan ditingkatkannya alokasi anggaran untuk keamanan menjadi £ 553 juta (sekitar 850 juta dolar) dibanding dengan perkiraan sebelumnya sebesar £ 282 juta, kata Menteri Olah Raga Hugh Robertson awal bulan ini.

Dana sebesar £ 475 juta lagi dikeluarkan untuk kepolisian dan langkah-langkah keamanan lainnya di luar berbagai stadion, dimana 12.000 polisi akan ditugaskan pada acara puncak.

Inggris menjadi target gerakan militan Islam selama bertahun-tahun karena Inggris dianggap sekutu terbesar aksi militer Amerika di Irak dan Afghanistan. 52 Orang tewas dalam aksi bom bunuh diri di ibukota London tahun 2005.

XS
SM
MD
LG