Tautan-tautan Akses

Inflasi dan Penjualan Retail Naik di Amerika


Trend belanja lewat internet terus meningkat di Amerika (foto: ilustrasi).

Konsumen Amerika membeli lebih banyak mobil dan benda-benda tahan lama, dan meningkatkan pembelian lewat internet bulan April, setelah terjadi penjualan yang lesu selama dua bulan.

Laporan Departemen Perdagangan hari Jumat (12/5) mengatakan penjualan eceran naik 0,4 persen bulan April, dan penjualan sedikit lebih baik daripada yang pertama dilaporkan dalam bulan sebelumnya.

Data itu menunjukkan pertumbuhan yang lebih kuat bagi pengecer lewat internet, sedangkan penjualan tradisional di toko-toko turun 0,5 persen.

Para investor dan pakar ekonomi mengamati penjualan eceran secara cermat karena permintaan konsumen mendorong lebih dari dua-pertiga kegiatan ekonomi di Amerika.

Penelitian secara terpisah oleh Departemen Tenaga kerja menunjukkan inflasi Amerika naik menjadi 2,2 persen dalam tahun yang berakhir bulan April, dengan kenaikan 0,2 persen untuk bulan itu.

Sebagian analis mengatakan hal itu agaknya membuat Bank Sentral Amerika akan menaikkan lagi suku bunga pada pertemuan mereka mendatang bulan Juni.

Bank Sentral diharapkan akan menjaga kestabilan harga yang dan menghilangkan pengangguran. Kalau inflasi tampak akan naik sedikit, mereka mungkin akan menaikkan tingkat suku bunga untuk meredam kegiatan ekonomi dan mengusahakan agar harga tidak naik terlalu cepat sehingga akan mengganggu pertumbuhan ekonomi. [sp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG