Tautan-tautan Akses

Industri Batu Giok Rahasia Myanmar Saingi PDBnya


Penambangan giok di Myanmar.

Penambangan giok di Myanmar.

Industri batu giok Myanmar bernilai lebih dari $30 miliar per tahun, hampir setengah dari produk domestik bruto negara itu, demikian menurut laporan yang dirilis hari Jumat (23/10) oleh sebuah kelompok internasional yang menyelidiki penyalahgunaan kekayaan alam.

Analis Juman Kubba dari Global Witness yang berbasis di London mengatakan itu perkiraan terbaik, meskipun mereka ingin mencari informasi lebih lanjut untuk mendapatkan angka yang lebih handal. Dia menambahkan bahwa tidak ada keraguan ini adalah industri yang paling berharga di Myanmar.

Perkiraan Global Witness itu, jika akurat, akan menempatkan nilai industri batu giok rahasia Myanmar 10 kali lipat nilai perdagangan opium yang terlarang dan lebih terkenal.

Laporan itu menuduh bahwa sebagian besar perdagangan batu giok terkait dengan sejumlah mantan pemimpin junta termasuk mantan penguasa militer Jenderal Than Shwe dan tokoh-tokoh militer yang kuat saat ini, dan hanya sedikit uang itu berakhir di kas pemerintah.

"Ini adalah industri yang kami temukan didominasi oleh individu-individu yang paling korup di negara ini," kata Kubba, berbicara kepada VOA dari Yangon pada hari Jumat. [as]

XS
SM
MD
LG