Tautan-tautan Akses

Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018


Kembang api pada upacara pembukaan Asian Games ke-18 di Incheon, Korea Selatan. (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Kembang api pada upacara pembukaan Asian Games ke-18 di Incheon, Korea Selatan. (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Setelah Hanoi mundur, Komite Olimpiade Nasional Indonesia kembali dengan penawaran untuk Jakarta sebagai tuan rumah, "didukung" oleh Palembang.

Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2018, menurut Dewan Olimpiade Asia (OCA), Sabtu (20/9).

Sebetulnya yang menjadi pemenang untuk menjadi tuan rumah Asian Games berikutnya adalah Hanoi di Vietnam, namun kemudian menarik diri tahun ini karena masalah-masalah ekonomi, ujar OCA.

Penawaran Haoi adalah untuk 2019, namun Indonesia akan menjadi tuan rumah acara tersebut pada 2018 supaya tidak berbenturan dengan pemilihan presiden tahun berikutnya, menurut OCA.

Surabaya kalah dari Hanoi pada penawaran awal untuk Asian Games. Namun Komite Olimpiade Nasional Indonesia kembali dengan penawaran untuk Jakarta sebagai tuan rumah, "didukung" oleh Palembang, ujar OCA.

Asian Games ke-17 berlangsung di Incheon, Korea Selatan. Acara itu secara resmi dimulai Jumat malam dengan upacara pembukaan.

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-4 pada 1962 dan telah menjadi penyelenggara acara-acara internasional lainnya, termasuk Asian Beach Games pertama di Bali pada 2008, ujar OCA.

Mengutip presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, OCA menambahkan bahwa gerakan Olimpiade menyaksikan "dekade Asia" dalam hal acara-acara, termasuk Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 dan Pyeongchang di Korea Selatan sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018.

Bach menambahkan bahwa Asia juga memiliki dua kandidat kuat untuk Olimpiade Musim Dingin 2022, yaitu Beijing di China dan kota terbesar Kazakhstan, Almaty.

"Semuanya menunjukkan pertumbuhan dan dinamisme olahraga di Asia," ujar Bach, seperti dikutip OCA. (AP)

XS
SM
MD
LG