Tautan-tautan Akses

Indonesia Keluarkan Peringatan Tsunami untuk Sumbar, Sumut dan Aceh


Peta lokasi gempa bumi di wilayah barat daya Sumatera.

Peta lokasi gempa bumi di wilayah barat daya Sumatera.

Menurut Badan Survei Gelogi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa itu berada di laut pada kedalaman 10 kilometer dan sekitar 808 kilometer sebelah barat daya Padang.

Indonesia mengeluarkan peringatan tsunami, Rabu (2/3), setelah gempa bumi hebat mengguncang kawasan di lepas pantai barat Sumatera.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia mengatakan, peringatan itu dikeluarkan untuk Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh setelah gempa berkekuatan 7,9 SR terdeteksi.

Menurut Badan Survei Gelogi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa itu berada di laut pada kedalaman 10 kilometer dan sekitar 808 kilometer dari barat daya Padang.

Belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa. Namun, semakin dangkal sebuah gempa terjadi, semakin besar kerusakan yang mungkin ditimbulkan. USGS awalnya menetapkan gempa itu berkekuatan 8,2 SR namun kemudian menurunkannya menjadi 8,1 SR dan akhirnya 7,9 SR.

Tersusun dari ribuan pulau, Indonesia dilingkari jalur gempa paling aktif di dunia, Lingkar Api Pasifik (Pacific Ring of Fire), sekaligus dibelit jalur gempa teraktif nomor dua di dunia, Sabuk Alpide. Kondisi ini diperparah dengan tumbukan tiga lempeng benua, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG