Tautan-tautan Akses

Indonesia Akan Tawarkan 27 Blok Minyak dan Gas pada 2014


Pekerja penyulingan minyak mentah di pulau Bunyu, Kalimantan Timur. (Foto: Dok)

Pekerja penyulingan minyak mentah di pulau Bunyu, Kalimantan Timur. (Foto: Dok)

Blok-blok ini ditawarkan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi permintaan akan energi dan mengatasi penurunan produksi domestik.

Pemerintah Indonesia berencana menawarkan 27 blok minyak dan gas pada 2014 dalam mekanisme tender dan penawaran langsung, menurut seorang pejabat pemerintah.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi permintaan akan energi dan mengatasi penurunan produksi domestik.

Blok-blok yang ditawarkan termasuk 20 blok konvensional, enam blok gas shale dan satu blok gas ‘coal bed methane’, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Eddy Hermantoro mengatakan pada wartawan dalam upacara pemenangan tender di Jakarta, Kamis (19/12).

Juga pada Kamis, perusahaan Kanada Husky Energy Inc. Memenangkan hak untuk mengembangkan Blok Anugerah di lepas pantai Jawa Timur, dengan komitmen untuk menanamkan US$4,91 juta dan bonus penandatanganan $1,5 juta sebagai bagian dari penawaran langsung tahap pertama putaran 2013.

Tender penawaran langsung diawali dengan proses studi gabungan, dimana perusahaan-perusahaan minyak dan gas bekerja sama untuk membuat data seismik untuk blok-blok tertentu. Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam studi tersebut kemudian mendapat hak-hak untuk menyamai tawaran-tawaran begitu blok-blok itu ditawarkan dalam tender, menyurutkan niat peserta lain.

Impor minyak mentah Indonesia diperkirakan naik pada 2014, setelah produksi nasional turun menjadi sekitar 827.000 barel per hari pada 2013. (Reuters)
XS
SM
MD
LG