Tautan-tautan Akses

Indonesia Akan Pasang Kabel Listrik Bawah Laut Sumatera-Jawa


요르단강 서안 도시 나블루스 인근 게리짐 산에서 사마리아인들이 가을 수확을 축하하는 '수코트' 명절 의식을 치르고 있다.
요르단강 서안 도시 나블루스 인근 게리짐 산에서 사마리아인들이 가을 수확을 축하하는 '수코트' 명절 의식을 치르고 있다.

Kabel ini akan melewati daerah sepanjang 35 kilometer di Selat Sunda dan akan dapat mengalirkan daya listrik 500 kilovolt.

Pemerintah berencana mengeluarkan US$2,1 miliar untuk memasang kabel listrik bawah laut dari Sumatera ke Jawa, menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana, Kamis (19/6).

Pemerintah berharap kabel itu akan mendistribusikan listrik dengan lebih baik dan mengurangi pemadaman listrik yang sering terjadi akibat kurangnya investasi untuk infrastruktur energi selama puluhan tahun.

Kabel ini akan melewati daerah sepanjang 35 kilometer di Selat Sunda dan akan dapat mengalirkan daya listrik sebesar 500 kilovolt, menurut Armida setelah pertemuan dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

Proyek ini telah direncanakan beberapa lama namun terhambat pendanaan.

Armida mengatakan $1,19 miliar dari total dana yang diperlukan akan didapat dari Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA), sebuah lembaga yang mendorong pembangunan di negara-negara ekonomi baru.

JICA juga dapat menanggung sisanya, tergantung pada persetujuan presiden, menurut Armida.

"Tenaga dari pembangkit-pembangkit listrik tenaga batu bara di Sumatera harus didistribusikan sehingga tidak hanya berkonsentrasi di Sumatera. Itulah sebabnya mengapa kita perlu kabel transmisi ke Jawa," ujar Dedy Priatna, wakil Armida. (Reuters)

Recommended

XS
SM
MD
LG