Tautan-tautan Akses

India, China Perkuat Hubungan Diplomatik Pasca Kunjungan Obama ke New Delhi


Menu India Sushma Swaraj (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping di Beijing (2/2).

Menu India Sushma Swaraj (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping di Beijing (2/2).

Kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke India bulan lalu dipandang di China sebagai usaha untuk memperdalam pengaruh Amerika Serikat di negara-negara yang berada dalam lingkungan pengaruh China.

China dan India mengukuhkan kembali hubungan setelah lawatan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke New Delhi, yang menggaris bawahi hubungan Beijing yang pelik dengan kedua negara.

Presiden China Xi Jinping, hari Senin (2/2), menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj di Beijing seraya mengutarakan, dia mengharapkan perkembangan lebih besar dalam hubungan kedua negara raksasa Asia itu tahun ini.

Swaraj menghadiri forum trilateral di Beijing antara China, India dan Rusia. Kunjungan Obama ke India bulan lalu dipandang di China sebagai usaha untuk memperdalam pengaruh Amerika Serikat di negara-negara yang berada dalam lingkungan pengaruh China.

Hubungan Beijing dengan New Delhi meningkat oleh kunjungan Xi ke negeri itu September lalu, meskipun kedua negara bertikai masalah perbatasan, perdagangan yang tidak setara dan usaha China untuk memperluas pengaruhnya di Samudera Hindia.

XS
SM
MD
LG