Tautan-tautan Akses

India Tuduh Tentara Pakistan Tewaskan 3 Orang dalam Tembakan Lintas Batas


Tentara India dan Pakistan siaga di perbatasan kedua negara (foto: dok). India menuduh tentara Pakistan melepaskan tembakan lintas batas yang menewaskan 3 orang.

Tentara India dan Pakistan siaga di perbatasan kedua negara (foto: dok). India menuduh tentara Pakistan melepaskan tembakan lintas batas yang menewaskan 3 orang.

Angkatan bersenjata India mengatakan tiga warga sipil tewas setelah tentara Pakistan melepaskan tembakan melintasi perbatasan di Kashmir daerah yang disengketakan.

Seorang jurubicara militer mengatakan pasukan Pakistan hari Selasa menembakkan mortir di garis perbatasan de facto ke sektor Uri di Kashmir yang di kuasai India.

Belum ada komentar langsung dari pihak militer Pakistan atas tuduhan India ini.

Mayor jenderal India, Bipin Rawat memberitahu wartawan bahwa “satu serangan mortir menghantam sebuah rumah yang mengakibatkan kematian dua warga sipil”. Ia mengatakan seorang perempuan meninggal akibat “shock”.

Angkatan darat India mengatakan pasukan Pakistan telah melancarkan “tembakan tanpa provokasi” sejak 3 Oktober dan India belum membalas karena ingin melindungi penduduk sipil. Tentara India itu mengatakan “pasukan India sangat menahan diri karena adanya perjanjian gencatan senjata antara kedua pihak sejak bulan November 2003.

Sudah beberapa kali terjadi insiden penembakan lintas batas meskipun ada gencatan senjata.

Kawasan Kashmir di Himalaya terbagi antara India dan Pakistan dan di klaim seluruhnya oleh kedua negara. Kedua negara bertetangga yang bersenjata nuklir itu telah bertempur dalam dua perang karena kawasan itu.

Separatis Muslim telah memperjuangkan kemerdekaan Kashmir dari India yang mayoritas penduduknya Hindu atau bergabung dengan Pakistan yang mayoritas Muslim. Ribuan orang telah tewas dalam pemberontakan itu.
XS
SM
MD
LG