Tautan-tautan Akses

India Tolak Pasal Subsidi Pangan dalam KTT WTO


Para petani memproses biji-bijian setelah dipanen di desa Boras, sekitar 40 kilometer sebelah timur Srinagar, India. (Foto: Dok)

Para petani memproses biji-bijian setelah dipanen di desa Boras, sekitar 40 kilometer sebelah timur Srinagar, India. (Foto: Dok)

Pemerintah India menolak ketentuan yang dapat membahayakan subsidi produk pertanian berdasarkan kebijakan India untuk memberi makan orang miskin.

Peluang adanya terobosan dalam negosiasi-negosiasi perdagangan global berkurang saat India menolak menegosiasikan subsidi pangan yang merupakan salah satu hambatan dalam mencapai kesepakatan dalam pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Wakil Perdagangan AS Michael Froman pada Rabu (4/12) mendesak ke-159 negara anggota WTO untuk mengatasi perbedaan-perbedaan mereka untuk menuntaskan kesepakatan untuk mendorong perdagangan dunia.

Namun Menteri Perdagangan India Anand Sharma mengatakan pemerintah India menolak ketentuan yang dapat membahayakan subsidi untuk biji-bijian berdasarkan kebijakan India untuk memberi makan orang miskin.

Konferensi Tingkat Tinggi di Bali ini dapat menghasilkan kesepakatan yang menumbuhkan perdagangan global sebanyak US$1 trilyun, atau mungkin mengakhiri relevansi WTO sebagai forum negosiasi setelah gagal mencapai kesepakatan dalam 10 tahun terakhir. (AP)
XS
SM
MD
LG