Tautan-tautan Akses

India Tangkap 13 Warga Tibet, Demonstran Anti-Tiongkok di New Delhi


Warga Tibet di pengasingan di Dharamsala, India melakukan upacara mengenang Biksu Tibet di Tiongkok yang membakar diri (7/10).

Warga Tibet di pengasingan di Dharamsala, India melakukan upacara mengenang Biksu Tibet di Tiongkok yang membakar diri (7/10).

Kelompok pemuda Tibet itu berkumpul di depan kedutaan Tiongkok di New Delhi untuk menunjukkan simpati pada 7 Biksu Tibet yang membakar diri.

Polisi India menangkap 13 orang warga Tibet dalam pengasingan yang melancarkan demonstrasi anti-Tiongkok di depan kedutaan Tiongkok di ibukota New Delhi.

Kelompok pemuda Tibet itu berkumpul di depan kedutaan Tiongkok hari Minggu untuk menunjukkan simpati pada sedikitnya tujuh orang biarawan Tiongkok yang membakar diri tahun ini untuk memprotes penindasan agama oleh pemerintah.

Para aktivis HAM Tibet itu membawa poster-poster dan menyerukan slogan-slogan anti – Tiongkok ketika mereka dibubarkan oleh polisi India.

Kelompok HAM Tibet mengatakan dua orang bekas biarawan Buddha membakar diri mereka hari Jumat di kawasan Tibet di propinsi Sichuan, dan sedikitnya lima orang biarawan lainnya melakukan aksi protes yang serupa tahun ini.

Pemerintah Amerika menanggapi pembakaran diri itu dengan menyerukan pada Tiongkok supaya menghormati hak-hak warga Tibet dan menyelesaikan konflik dan ketegangan yang disebabkan kebijaksanaan pemerintah Tiongkok itu.

Warga Tibet pada umumnya marah melihat bertambah kuatnya dominasi oleh kelompok etnis Han yang didatangkan ke Tibet oleh pemerintah.

XS
SM
MD
LG