Tautan-tautan Akses

India, Sri Lanka Tandatangani Kesepakatan Nuklir


PM India Narendra Modi (kiri) dan Presiden baru Sri Lanka Maithripala Sirisena sebelum pembicaraan di New Delhi, Senin (16/2).

PM India Narendra Modi (kiri) dan Presiden baru Sri Lanka Maithripala Sirisena sebelum pembicaraan di New Delhi, Senin (16/2).

PM India Narendra Modi dan Presiden baru Sri Lanka Maithripala Sirisena menandatangani kesepakatan mengenai keamanan nuklir di New Delhi, Senin (16/2).

Pemimpin India dan pemimpin Sri Lanka melangsungkan pembicaraan beragam hari Senin (16/2) yang ditujukan untuk memperkokoh hubungan strategis mereka, meningkatkan perdagangan, dan menyelesaikan sengketa-sengketa lama antara kedua negara.

PM India Narendra Modi dan Presiden Sri Lanka yang baru terpilih Maithripala Sirisena menandatangani kesepakatan mengenai keamanan nuklir, yang dianggap sebagai kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat membawa hubungan ke tingkat baru dan sebagai testimoni adanya rasa saling percaya antara kedua negara bertetangga itu.

Modi dan Sirisena menyetujui pendekatan yang konstruktif dan berperikemanusiaan dalam menyelesaikan isu-isu mengenai nelayan mereka. Nelayan-nelayan dari kedua negara sering ditangkap karena memasuki perairan negara tetangganya.

Sirisena mengungkapkan harapan bahwa persahabatan yang diperbaharui akan sama-sama menguntungkan dalam memperkokoh hubungan di tingkat lokal dan internasional.

Kedua negara juga menandatangani sejumlah memorandum mengenai pertanian, kerjasama ekonomi, hubungan budaya dan konektivitas.

Sirisena dan istrinya, Jayanthi Pushpa Kumari, meletakkan sebuah karangan bunga pada tugu peringatan ikon perdamaian India Mahatma Gandhi.

XS
SM
MD
LG