Tautan-tautan Akses

India Pindahkan Diplomat Ke PBB


Wakil Konsul Jenderal Devyani Khobragade di Konsul Jenderal India di New York. (Foto: Dok)

Wakil Konsul Jenderal Devyani Khobragade di Konsul Jenderal India di New York. (Foto: Dok)

Langkah ini diharapkan akan memberi diplomat itu perlindungan dari dakwaan menipu visa dan menggaji pembantu di bawah upah minimum.

India Sabtu mengatakan memindahkan seorang diplomatnya di Amerika Serikat ke delegasi PBB, langkah yang diharapkan akan memberi diplomat itu perlindungan dari dakwaan menipu visa dan menggaji pembantu di bawah upah minimum.

Transfer itu memberi Devyani Khobragade perlindungan yang masih harus disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS. Belum diketahui apakah Departemen Luar Negeri akan menyetujui langkah yang jelas-jelas dirancang sebagai jalan keluar bagi diplomat yang terjerat masalah hukum itu.

Khobragade yang berusia 39 tahun dituduh membuat pernyataan palsu untuk mendukung permohonan visa seorang warga negara India yang dibawa ke Amerika guna bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Para pejabat India telah mengeluh tentang cara Khobragade diperlakukan ketika dia ditangkap awal bulan ini dan ingin agar semua tuduhan terhadap dirinya dicabut.

Khobragade mengatakan setelah penangkapan 12 Desember itu dia berulang kali diborgol dan menjalani pemeriksaan fisik yang berlebihan ketika ditahan atas tuduhan penipuan visa. Dia dibebaskan dengan uang jaminan US$250.000.

Pada Rabu, Jaksa kota Manhattan Preet Bharara mengeluarkan pernyataan yang menyebut Khobragade diperlakukan santun dan jauh lebih baik dibanding para terdakwa lain, yang kebanyakan adalah warga negara Amerika.

Bharara mempertanyakan mengapa kasus Khobragade menuai lebih banyak simpati di India dibanding karyawannya, yang diduga digaji hanya sepertiga dari jumlah yang telah melaporkan Khobragade kepada pejabat Amerika.
XS
SM
MD
LG